Novel

SEGITIGA PENGAMAN DI PASAR JUMAT ( Disbrik’s Life Story)

Di belakang pabrik gue setiap jumat ada pasar. Karena adanya hari
Jumat maka dinamakanlah Pasar Jumat. Berbagai kebutuhan non sayur mayur
bisa kita dapatkan disana. Mule dari sandal jepit, kosmetik, baju renang, seprai,
tas, sepatu, sandal, baju, celana, cd bajakan, poster binatang, perlengkapan
dalam wanita alias kolor dan be-ha, pokoknya lengkap kap kap. Dan tentu saja
dengan harga yang sangat terjangkau.
Nah, jumat ini abis makan bakso di bang Krebo, gue, Farka dan Kumi
pasti jalan-jalanlah ke Pasar Jumat. Bang Krebo tukang bakso ini juga mangkal di
sini hanya di hari Jumat sajah. Kalo hari biasa nggak tau deh dia mangkal
dimana (kalo lo kebelet banget pengen tau silahkan lo email gue, nanti gue
usahain untuk mencari tau dah).
Yang paling sering melakukan transaksi pembelian di pasar Jumat adalah
Kumi. Tiap minggu pasti adaaaaaaaa aja yang dibeli. Mule dari celana pendek
buat suaminyalah, sandal jepit buat adiknyalah, baju tidur buat anaknyalah,
sampe sepatu kaca buat dirinya sendiri juga di beli di pasar Jumat. Jadi setiap
hari Jumat pasti si Kumi mengeluarkan anggaran khusus perbelanjaan untuk
kebutuhan yang gue pikir sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan.
Kalo Farka so far belum pernah melakukan pembelian, selain pembelian
es kado atau es cendol. Kalo gue paling suka ke tukang jual seprai. Abis
seprainya lucu-lucu dan murah-murah. Lo bayangin aja seprai yang buat
springbed gitu itu harganya cuma limapuluh ribu rupiah, lengkap dengan sarung
bantal dua dan sarung guling satu. Murah banget kan? Kainnya juga halus dan
tidak kasar dan tidak luntur. Konon katanya..seprai itu adalah hasil produksi
pabrik tekstil tetangga pabrik gue. Kalo di Matahari gue kudu ngeluarin kocek
sekitar tigaratus ribuan buat seprai lebar gini, di pasar Jumat cuma lima puluh
ribu. Lumayan banget kan? Selain jual seprai, ibunya juga jual celana pendek
dengan harga yang sangat tidak masuk akal. Lo pasti nggak percaya kan kalo
celana pendek yang gue pake sekarang ini nih..harganya cuma tiga
rebo…asli…lebih mahal dari semangkok baksa bang krebo….Celana bekas ya?
Bukan! Bukan bekas bo! Baru…..sumpah! Kapan-kapan lo maen deh ke pasar
Jumat di belakang pabrik tempat gue kerja…
Nah hari ini..ternyata si Umi alias Kumi alias Khumaisun alias Kumi Jaran
alias Sunsun berencana akan membeli kaos dalam untuk anaknya. Dan kaas
dalam untuk anak-anak itu biasanya ada di tempat yang sama dengan penjual
kolor dan be-ha!. Akhirnya setelah makan bakso bang krebo, kita mampir di
lapak tukang kolor yang nggak jauh dari bang krebo. Lapak si ibu tukang kolor ini
dekat jalan..ya..persis banget di pinggir jalan. Jadi orang yang lalu lalang kalo
ngeliat ke kiri atau ke kanan (tergantung dia mau ke arah mana) pasti bisa
dengan jelas melihat hamparan kolor dan beha-beha dengan berbagai macam
ragam dan warna.
Si Kumi nawar mati-matian ama ibu tukang jualan. Farka lagi ke tukang es
cendol mau beli cendol. Gue berdiri bengong aja ngeliatin Kumi yang sedang
membujuk rayu ibunya biar kaos dalam yang harganya empat sepuluh ribu
boleh jadi lima sepuluh rebo.
Karena bosen nungguin Kumi yang tak juga mendapat mufakat dengan
ibu penjualnya gue iseng bolak-balik hamparan kolor yang warna-warni. Nggak
niat beli sih. Sekedar inpo harga kolor ini rata-rata sepuluh ribu dapet tiga. Soal
kwalitas tergantung nasib. Gue pernah beberapa kali beli. Beberapa
diantaranya langsung sobek bagian karetnya di pencucian kedua, beberapa
diantaranya ada juga yang masih bertahan ampe sekarang, sampe bulukan
dan warnya pudar. Wuakakakka…lo bayangin dah tuh kolor bulukan warna
pudar dan karetnya udah agak mel-larr….hihihih
Lagi asik ngeliatin kolor…tiba-tiba….
“Lha…ukuran kamu ada to dijual disini, yes?” suara yang gue kenal itu
tiba-tiba udah ada di belakang gue.
Gue menoleh dan…
Hoaaaaa….Mas Kuncoro dan Bangun…dua orang terjahil dan terpolos di
export udah berdiri di belakang gue.
Sumpah gue malu banget. Kalo lo bilang biasa aja kale…mungkin lo
biasa aja. Tapi gue malu aja kalo ngeliat hamparan kolor dan beha sama temen
cowok gue….
“Aku nemenin umi beli kaos dalam kok!” jauh panggang dari api.
Jawaban tak sesuai dengan pertanyaan.
“Ternyata ya…” ujar mas Kuncoro sebelum pergi sambil senyam-senyum….
“Gara-gara kamu sih kelamaan!” ujar gue sama Kumi yang ternyata
nggak jadi beli karena nggak cocok harga. Please deh…
Eh..si Kumi malah ketawa-ketawa….
Gue kira udah selesai. Eh…pas udah masuk kantor dan pas lagi banyak
orang…mas Kuncoro kambuh lagi isengnya “Tadi jadinya beli warna apa yes
segitiga pengamannya?”
Hoaaaaaaa…besok-besok gue nggak mau lagi berdiri atau ngapainlah
dekat tukang kolor yang di pinggir jalan.

Advertisements

22 thoughts on “SEGITIGA PENGAMAN DI PASAR JUMAT ( Disbrik’s Life Story)

  1. Bisa juga itu segitiga pengaman buat di pasang di belakang truk kalau lagi mogok buat tanda ‘hati-hati’. Btw.. ini blog sudah ganti baju atau ingatanku yang salah.

    1. wakakakaka…masa segitiga pengaman yang gituan dikibarin di belakang truk, mas? coba de dibayangin!! warnanya putih polkadot…kakakkakka…
      iya mas ganti kulit..kemaren kan sok cool pake item gitu..sekarang mau putih aja seputih hati ini…hihihihi….

    1. waaa..bukan pasar Jumat yang ntu, mb Anny…ntu pasar Jumat yang deket Lebak bulus kan? aku juga dulu sering sih nongkrong disitu nunggu Kopaja 20..ehehehe…Pamulang mana mb? Pamulang satu or dua? aku punya temen deket di Pamulang dua..di Griya Pamulang…

  2. Salam kenal ya….

    Disekitar tempat saya tinggal ada juga pasar kaget seperti ini, tapi gak tiap jumat doang…tiap malem, rame dan brisik…hehehe tapi seru sih…kl lagi bosen bisa muter2

  3. hee … di RSPAD juga tiap jum’at ada pasar kayak gt, tp gak tahu deh ada yg jual segitiga pengaman apa g, wakaka …

    pengalaman memalukan sekaligus menyenangkan, haa … terkadang mang kita demen banget diledekin (kutu jg gt koq), hee, merasa diperhatikan gt lho …

    kesan pertama : kirain mbak Yessi Muchtar, ibu-ibu jayus di blog sebelah, ternyata beda tho ^^, salam kenal mbk, sering2 mampir d blog kutu y

    1. waaa…harus dicek dulu tuh ada yang jualan segitiga pengaman pa nggak..kalo gak ada ntar guah yang jualan disanah…ihihihihihi…

      ow mbak Yessi yang ntu..aku juga sering maen ke blog nyah…

      iya Kutu tayang..ntar aku mampir..tapi sedian kupi ya…aku suka mocchacino..ehhehehehe

  4. Saya bingung nehh… :
    “kaos dalam yang harganya empat sepuluh ribu…
    ditawar : …jadi lima sepuluh rebo…

    (lembaran uangnya… berapa yah…)

    1. heheheehe..maksudnya sepuluh ribu dapet empat..ditawar jadi sepuluh ribu dapet lima…gitu…tapi ga bole ma ibuknya..
      bahasa saya emang masih kacau ya dan suka semaunya…ntar improve deh..improve… 🙂

  5. Kayaknya gak ada dehh, so … saatnya …. BUKA LAPAK, haa haa haa

    moccacinno itu apaan mbk ? minuman manusia y? adanya Kutucinno, enak lho … dengan campuran minyak Je-Rayap n susu Ku-Thu ^^

    maaakkk…nyuuusss 🙂

    1. hahahha..kalo gituh akuh pesen dua lapak sekaligus…
      biar dagangannya banyak…laba nya banyak…trus orang kaya tambah banyak…

      Moccacino ntu bukan minuman kutu….ehehehhe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s