Mom's Story

Kok Belum Sekolah?

Berapa usia ideal anak masuk sekolah? Entahlah. Kalau saya di jaman dulu kala sih baru masuk TK di usia lima tahun, setahun di TK langsung lanjut ke SD. Trus jadinya kaya gini deh. 😀

Nah, si Java ganteng ini udah seringkali di “Kok belum sekolah?” in sama beberapa saudara dan atau tetangga dan atau kenalan dan pokoknya orang-orang yang mengaguminya lah. (ehm..pede banget emaknya). Padahal usianya Java baru tiga tahun lho. Iya sih, sekarang banyak anak bayi yang udah sekolah. Tapi bukan berarti semua anak harus sekolah di usia dini kan?  Iya nggak sih?

Saya sih nggak terlalu mikirin pertanyaan berulang “Kok Belum Sekolah?” ituh. Dan sama sekali itu tidak akan masuk dalam pertimbangan saya untuk menyekolahkan Java. Saya menganggap pertanyaan itu adalah bentuk dari perhatian dan rasa sayang mereka pada Java. Dan sebenarnya saya pengen juga sih sesekali ngajak Java ke PAUD -yang biasanya di tiap kelurahan ada tapi entahlah di kelurahan saya nggak ada itu. Tapi waktu saya tanya Java mau sekolah atau nggak, dengan tegas dia menjawab “NGGAK MAU”. Ya sudahlah. Memang belum saatnya.

But then..nggak tau terinspirasi darimana. Dua minggu terakhir ini Java sering sekali bermain pura-pura mau berangkat sekolah. Tas ransel nya yang sebelumnya nggak pernah disentuh kemudian diisi dengan crayon dan buku gambar (iya..saya memang udah sejak lama beliin Java buku gambar dan crayon) . Sesudah itu dia pura-pura pamitan sama mamaknya “Mak, Java berangkat sekolah dulu ya” sambil membawa tas di punggungnya.

Kemudian pada suatu malam saya bertanya, “Java mau sekolah, ya?” dan langsung dijawab, “Mau. Java mau sekolah!”.

Berbekal keinginan Java untuk sekolah itu, saya pun berdiskusi dengan the bojo. Mungkin kalau anaknya emang mau, di sekolahin aja kali ya. Biar Java punya teman sebaya juga. Selama ini Java berteman dengan bude-bude, pakde-pakde, mbah-mbah, tante-tante,om-om..hahahaha. Iya, di lingkungan tempat tinggal saya, anak seusia Java emang sedikit. Hanya ada empat orang. Itu juga jarang keluar rumah.

Lalu hari ini saya cuti. Rencananya mau hunting sekolah buat Java. Beberapa teman sudah memberi saran sekolah-sekolah yang bagus. Tapi kebetulan semuanya jauh dari rumah. Rencananya saya mau ndaptarin Java di sekolah yang dekat dari rumah dulu. Dan tadi pagi saya mendatangi sekolah ituh. Belum ndaftar, baru tanya-tanya informasi aja.

Katanya se-usianya Java masuknya kategori play group, yang mana boleh mulai sekolah kapan saja tanpa harus menunggu tahun ajaran baru. Cuma itu informasi yang diberikan, karena para ibu gurunya sedang sibuk ngurusin bocah-bocah untuk acara Kartini-an. Sayapun disuruh datang lagi besok.

Lalu, siangnya saya iseng nanya Java lagi. “Java mau sekolah ga?” and you know what? Dia bilang, “Nggak mau. Java mau jadi robot aja!” trus bajunya dibeginiin dong. Katanya kaya gitu tuh baju robot.

java

Sakkarepmu lah, le!” 😀

Advertisements

3 thoughts on “Kok Belum Sekolah?

  1. He he,,java pinter yaa,,
    Ngga ada kepastian yg mendasari umur brapa anak boleh sekolah mba,,yang penting anaknya bener2 mau dn semangat,,drpd anak dipaksa untk sekolah malah jd tertekan,,
    Ayoo,,semangat Java ganteng,, 😉

  2. Java bener..blm cukup umur utk dia sekolah,nanti tunggu 1 or 2 thn lagi,kelamaan sklh malah bosen,biar main2 dirmh saja dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s