LaporanKhusus · travelling

Tiba tiba Desember! (Renungan Akhir Tahun)

waktu adalah waktu
waktu tak pernah berlari
pun tak pernah melambat atau berhenti
waktu terus berjalan sebagaimana sebelumnya
dengan cara yang sama
waktu tak pernah merubah caranya bergulir
dia seperti sosok tak tersentuh
tak terbujuk walau setengah mati kau meminta berhenti sejenak atau bergerak lebih cepat
waktu akan selalu sama
tak pernah berubah
hanya kita yang berubah

Tiba-tiba Desember!
Sepertinya waktu melesat cepat dari Januari ke Desember. sepertinya, padahal tidak! Waktu sudah berjalan mengikuti alurnya, 1 menit = 60 detik, 1 jam = 60 menit, 1 hari = 24 jam, 1 minggu = 7 hari, 1 bulan = 30/31 hari, 1 tahun = 365 hari.

Lalu apa yang terjadi? Kenapa tiba-tiba saja sudah Desember? Tiba-tiba saja 2009 tinggal 11 hari lagi. Hah?? Tinggal 11 hari lagi? Huwaaaaaaaaaaaaa…padahal masih banyak to do list yang belum tercoret alias belum dilaksanakan dengan cara yang bijaksana dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Ada yang bilang, ketika kau bahagia waktu akan terasa begitu cepat berjalan, ketika kau menderita waktu akan sangat lambat sekali. Benarkah? Kurasa hari-hariku…ummm..ummm….okey! tahun ini aku bahagia, tapi bukan berarti aku tidak pernah bersedih. Banyak kesedihan-kesedihan kecil, sedang dan besar yang diam-diam kualami di tahun 2009 ini. Hiks…biar hanya aku dan Tuhan yang tau ya, kawans..bukannya gak mau berbagi kesedihan. Tapi untuk sementara ini biarlah kita berbagi kebahagiaan saja. So far aku masih bisa mengatasi kesedihanku sendirian, ntar juga kalo gak kuat aku pasti paksa kalian untuk mendengar dan menolongku… πŸ˜› wkwkwkkwkw…

Lalu apa yang sudah kau capai di tahun 2009 ini, Yes? Dan apa yang belum kau capai?
Wah..kalo di list satu-satu buanyakkk bangeet..
Ada baiknya aku pakai rumus Oppungku (Kakek) aja untuk bahan renungan di akhir tahun.
Dulu…setiap akhir tahun di tanggal 01 Januari di jam 00.01 setiap tahunnya…. (ntar di bagian berikutnya gw ceritain tentang ini ya… πŸ™‚ )
Jadi kata Oppungku dulu, di setiap akhir tahun mari kita renungkan tentang..KESEIMBANGAN atau BALANCING. Dengan contoh sebagai berikut :
apa yang sudah kau dapat tahun ini? apa yang sudah kau berikan? berapa orang yang sudah kau buat tersenyum? berapa orang yang sudah kau buat menangis?
berapa orang yang kau buat tertawa? berapa orang yang sudah kau buat marah?
berapa orang yang kau buat bahagia? berapa orang yang kau buat bersedih?
Intinya, kita jangan hanya fokus pada apa yang kita dapatkan. Tapi juga harus merenungi, apakah kita juga sudah memberi dan berbagi. Dan, mungkin benar kita sering membuat orang bahagia, tapi kita juga harus kembali merenungi adakah orang yang kita buat marah atau sedih. Mungkin tidak sengaja dan tidak kita sadari, dan karena itulah kita perlu merenung. Agar nantinya tidak lagi membuat orang marah atau sedih.

kira-kira seperti itu…

lalu,
perhatikan grafik kehidupanmu :
apakah naik ke taraf kehidupan yang lebih baik dari semua aspek kehidupan? jika ya, pertahankan dan tingkatkan. jika tidak, lakukan instropeksi mendalam dan investigasi dan analisis pola hidup dan pola pikirmu.

ummmm…..
-bersambung, cuy- πŸ™‚

Advertisements

38 thoughts on “Tiba tiba Desember! (Renungan Akhir Tahun)

    1. geserann duwoonggg sob ^0^
      pertamaxss plus plus di bulan desember 2009 πŸ™‚
      alhamdulillah buat 2009 sekarang
      2010 harus kudu ebiihh baek..
      still loving teh yc greena winda p.
      novelnya udah selesai dibaca buuuu…laporan selesai πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  1. iya cepet banget… udah desember..
    rasanya desember 2008 baru kemaren.. sekarang udah desember 2009..
    jangan2.. besok udah desember 2010..
    ah waktu… seperti main-main saja

  2. tahun 2009 berlalu dengan cepat
    kelebatan sedih dan luka yang begitu banyak dan tentunya membawa hikmah dengan kehadiran matahari dalam hidupku
    dan sebuah keputusan untuk masa depan yang indah
    selamat menyambut tahun baru dek

  3. Siapapun Kita semua yang ada di dunia sekarang. baik itu seorang pelajar atau pejabat, baik seorang jendral maupun kopral, baik seorang mahasiswa ataupun taruna, baik itu seorang penjahat ataupun pelacur, baik itu seorang koruptor atau pun director, baik seorang menteri ataupun seorang peragawati. Kita semua terlahir dari rahim ibu, ibu yang dengan tulus ikhlas mengandung merawat dan membesarkan kita hingga sekarang kita menjadi seperti ini. Coba saja kalo ibu kita tidak ikhlas mungkin kita sudah di aborsi. Ketika kecil kita sakit beliau merawat kita, ketika kita belum bisa berjalan, beliau menuntun kita, ketika kata belum terucap beliau membimbing kita. Siapapun ibu kita entah renta atau masih muda, entah masih bersama kita ataupun sudah tiada, mari kita ucapkan terima kasih pada beliau, mari kita kasihi beliau sebagaimana kita dulu beliau kasihi, Ya Tuhanku berikanlah tempat teramat istimewa bagi ibuku tersayang.

    Selamat Hari Ibu

  4. iya, desember. sudah setahun ini kok kayaknya berlalu begitu saja yak?! 😦 harus merencanakan secara lebih baik nih buat tahun 2010.

  5. ..
    udah harus siapin resolusi baru nih..
    pengen menghardik waktu yg melesat cepat..
    banyak deadline yg belom kelar nih, kaki ini nggak sanggup mengimbangi lari sang waktu..
    pengen menghela nafas sejenak..
    waktu berdamai yuuuk..!!
    ..
    selamat menyambut tahun baru ya..
    πŸ™‚
    ..

  6. walau tiap detik tahun ini ku lalui dengan penantian,walau waktu serasa begitu lambat namun saat t’lah berada di ambang pergantian tetep aja rasanya begitu cepat πŸ˜€
    tahun ini ku lalui dengan kemenangan atas diriku sendiri,semoga tahun depan masih bisa di pertahankan

    Selamat tahun baruu yaaa……

  7. susah juga kalo musti menilai berapa orang yang udah kita bikin senang, sedih, tertawa, menangis…^^ yang jelas, bulan desember ini bulan yang sangat bersejarah bagiku, hidupku, dan hidup seseorang…

    well….precisely,
    it’s a bloody month…

    koq jadi curhat ya..hehehe maaf…
    met tahun baru!!!

  8. waktu memang tidak pernah berbohong. Sekali dia erjalan, sudah meninggalkan apa yang telah kita perbuat. Selamat menempuh masa depa yang lebih baik yaa

  9. yup
    waktu sekarang keknya cepet bgt berputar
    blum puas rasanya mengingat tahun baru yg lalu..ehh dah mo tahun baru lagi
    untuk trafik kehidupan…mudah2an di tahun baru yang akan datang..kita semua akan semakin lebih baik πŸ˜‰

  10. haa, kutu udah ngapain aja yah? tahun ini hampir sebagian besar diisi dengan kerja dan kerja, lebih baik sih dari tahun kemaren, tp blom kesampean buat lulus, smoga tahun depan bisa lulus n langsung kerja di tempat yg diinginkan, aminnn

  11. 2009 gw ada peningkatan drastis!!!
    tapi, sayang peningkatan itu ada pada sisi dosa. numnpuk!!!!!!

    gak mimpi dan asa yang terwujud di tahun ini…
    mudah mudah2an tahun depan, mimpi yang pernah ilang, akan wujud dan baru kembali dalam wujud nyata…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s