Uncategorized

The Asia Paradise

Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.

Apalah arti sebuah nama, demikian pepatah lama berucap. Tapi nama adalah penting, tanpa nama kita pasti akan sangat kesulitan berkomunikasi. Saya yang cantik jelita, baik hati, pintar, ramah dan rajin (ehmm…) :P, akan sulit dijelaskan ketika seseorang ingin menyampaikan informasi tentang saya. Seseorang akan membutuhkan berpuluh kata dan tak sedikit waktu untuk menyampaikan hal tentang saya. Tapi karena saya punya nama, dengan mudah seseorang akan menyampaikan, misalnya : “Tadi Yessi mencarimu” dan tidak harus mengatakan “Tadi perempuan yang cantik jelita, baik hati, pintar, ramah dan rajin itu mencarimu”. See the difference? 🙂

Dan…branding! Fungsinya hampir sama dengan nama. Saya rasa hampir setiap kita pernah dengar branding negara tetangga kita Malaysia. Orang yang mendengar branding Malaysia “Truly ASIA” akan dengan mudah membayangkan keindahan yang ditawarkan di iklan kepada mereka. “Truly ASIA” is Malaysia, Malaysia is “Truly Asia”. Apakah kemudian orang akan tertarik mengunjungi Malaysia? Bisa jadi! Dan paling tidak, Malaysia sudah punya branding, sudah punya sebuah…umm katakanlah simbol yang mewakili negara mereka.

Branding mempunyai peran yang kuat dalam menanamkan pesan dan kesan kepada audience nya. Ia bukan hal sepele, khususnya di dunia pemasaran. Percaya atau tidak branding akan berpengaruh besar terhadap sesuatu yang diwakilinya. Masih nggak percaya? Coba saja ganti nama anda dengan nama….aha..silahkan lanjutkan sendiri di dalam hati ya 🙂

Lalu apa branding untuk Indonesia? Apa branding untuk negara yang kaya akan ragam budaya dan keindahan alam ini? Negeri yang terdiri dari ribuan pulau, ratusan suku dan budaya. Keindahan alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Gunung, laut, danau, sungai, selat, pulau, hutan, ngarai…dan banyak sekali. Ini surga! Negeri kita Indonesia adalah surga yang dianugerahkan untuk dunia dan Asia khususnya. Mari sejenak kita lihat keindahan negeri kita ini…..

Danau Toba
Danau Toba
BROMO-SEMERU
BROMO-SEMERU
Raja Ampat
Raja Ampat
Raja Ampat
Raja Ampat
Bali
Bali

Ini baru sebagian kecil. Masih banyak lagi keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Belum lagi berbagai macam kuliner yang pasti memanjakan lidah, budaya yang unik, tempat yang indah. Tak salah lagi, surga adalah tagline yang cocok untuk Indonesia. Indonesia The Asia Paradise.

TheAsiaParadise

Cukupkah hanya sebuah branding atau tagline? Tentu tidak!  Khususnya dalam menyambut ASEAN Economic Community (AEC) 2015, kita harus lebih giat lagi meningkatkan kwalitas industri pariwisata kita. Semua pihak, bekerja sama menjaga  kebersihan, keindahan dan kelestariannya. Indonesia The Asia Paradise harus lah benar-benar menjadi surga bagi kita dan wisatawan yang akan mengunjunginya. Menjaga keamanan dan ketertiban negeri kita, mengembalikan kembali citra negeri yang terkenal ramah tamah. Sehingga tak ada rasa ragu dan takut bagi wisatawan dan calon investor untuk mengunjunginya.

Kemudian, pemerintah melalu instansi terkait sebaiknya mulai memikirkan sarana dan prasarana yang akan mendukung The Asia Paradise. Yang punya tugas di bagian media dan iklan, yuk mbok ya dikasi space dan anggaran untuk mengiklankan Indonesia The Asia Paradise. Sehingga Indonesia The Asia Paradise bisa terdengar dan bergema hingga ke ujung dunia 🙂

ini adalah postingan hari ketiga #10daysforASEAN

Advertisements

5 thoughts on “The Asia Paradise

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s