LaporanKhusus · TheWayOut/Tips

Tips Menulis

punya banyak embrio novel tapi tak ada yang bisa berkembang menjadi novel utuh?
sama seperti saya. saya ini seorang penulis malas yang seringkali ‘menggugurkan’ embrio novel saya…dengan berbagai alasan saya benarkan diri saya yang sudah dengan sukses mengagalkan kelahiran novel-novel baru saya…

bagi saya menulis adalah mengabadikan imajinasi. sama halnya seperti seorang fotografer yang mengabadikan sebuah objek. untuk mulai menulis sebuah novel biasanya saya memainkan kisah yang akan saya tulis di alam pikiran saya…lalu saya membuat outline, penokohan. lalu mulai menulis…sebelum bermain dengan imajinasi biasanya ada sesuatu yang ‘merangsang’ pikiran saya…ummm….lebih baik kita tulis saja langkah-langkahnya ya…

1. tiba-tiba kepikiran sesuatu pada saat melihat sesuatu, atau mendengar sesuatu…
2. mengembangkan pikiran tersebut menjadi sebuah kisah. biasanya pada saat ini saya membuat tulisan singkat yang kemudian saya namakan EMBRIO NOVEL..karena pada tahap ini pembuahan sudah berhasil dilaksanakan…huakakakaka..bahasanya
3. menyelesaikan kisah tersebut dengan ending tertentu dalam pikiran
4. membuat outline
5. membuat struktur penokohan
6. mulai menulis bab demi bab berdasarkan outline dan kisah dalam imajinasi
7. kalau berhasil selesai sampai tamat, membaca ulang cerita dari awal untuk sinkronisasi dan editing
8. serahkan kepada kritikus kejam
9. lakukan perbaikan…

tapi sayangnya…proses tersebut diatas sering terhenti pada langkah nomor 2 saja…seringnya saya menelantarkan embrio tersebut..lalu hilanglah ditelan malam yang sunyi nan gulita….

kalo ada penulis handal yang baca tulisan saya ini..please dunk kasi tau cara-cara menulis yang baik dan benar…mungkin cara saya ini salah dan sesat…
hehehehhehehehe…..

ah..lo dengerin guah…guah ini gila… πŸ™‚
btw..dah pernah liat novel guah yang tak seberapa itu belum? kalo sempat baca ya teman….judulnya SAMUDRA The Melting Glacier
bingung nggak lo artinya apaan? makanya baca…. πŸ™‚

Advertisements

12 thoughts on “Tips Menulis

  1. engg aku bukan penulis handal seh.. dan juga bukan seorang novelis.. kayaknya cuman pada komitmen ama tekad aja untuk menyelesaikan sebuah novel… hmmm kayaknya hampir mirip dengan aku yah.. ide besar hanya dikerjakan separuh aja.. tapi saat liat orang lain udah sukses dengan ide yang mirip kita jadinya malah nyesel
    πŸ˜€
    btw moga sukses yah

  2. cara menulis yg benar…ambil bolpoint,kertas…silahkan berimaginasi..tapi yg sekarang mah lebih canggih..beli l.top and ketik dech… gitu aza ko’ susah

  3. hihi nama kita sama ya,

    duh duh ..aku juga suka gituh…suka tiba tiba ada ide nulis…tapi buyar langsung buat nerusinnya.

    Satu lagi, tekhnik penulisanku ..masih amat sangat buruk..tapi tetap semangat belajar πŸ™‚

  4. iya..kadang2 semangat juga susah untuk didapat lho..jadi selagi masih semangat nulis aja terus..kata para senior sih tulis aja dulu apa yang bisa kamu tulis..ntar bisa diedit dan dibenerin lagi…
    semangat!!! πŸ™‚

  5. Saya dulu pernah iseng-iseng nulis, tapi nggak ada satu pun cerita yang selesai. Di tengah jalan selalu pingin ganti ide cerita gitu, saya orangnya cepet bosenan sih πŸ˜•

  6. Ehm…………. Cara nulis yang benar itu jangan pikirin system yang ada di XTS 5. Jangankan nulis dan bikin Novel. Ke Toilet aja jadi males.. hehehehehehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s