Mom's Story

Cara Mudah Membuat Paspor Anak

Udah punya paspor? Dulu bikinnya urus sendiri atau diurusin sama travel agent? Kalau saya dulu bikinnya lewat travel agent, yang mana tinggal setor dokumen-dokumen trus pemotretan ke Imigrasi gak pakai antri apalagi lama. Iya sih bayarnya mahal. Tapi nggak rempong dan nggak makan waktu.

Sebenarnya udah lama pengen bikin paspor buat si boy. Tapi inget ribetnya harus bolak-balik Imigrasi kok males ya. Mau lewat travel agent kok mahal. Emang mahal kan ya jasa urus paspornya? Makanya pas mau bikin paspornya si boy agak mikir juga. Duit segitu kayanya lumayan. Tapi mengingat semakin banyaknya tiket promo yang sering muncul tiba-tiba, sepertinya memang harus secepatnya bikin paspor nih πŸ˜€Β  (emaknya pelit, nunggu tiket promo dulu baru jalan-jalan…hahahahaha..)

Bikinnya lewat travel agent yang harganya lebih dari setengah juta itu, Yes? No, thank you! πŸ™‚ Trus bikin sendiri dan rela rempong dan bolak-balik ke Imigrasi gitu, Yes? Sama anak kecil pulak. Kasian anaknya kan?

Sekarang kan udah bisa mengurus paspor lewat online, kak. Jadi nggak perlu datang berkali-kali ke Imigrasi. Untuk yang males banget ngisi form segala macam, dengan mengurus lewat online juga dijamin nggak perlu isi form segala macam. Semua data yang kita masukkan lewat online udah langsung terekam di sistemnya Imigrasi.

Caranya gimana?

Langkah pertama tentu saja kita harus buka website resminya Imigrasi ya. Kalau saya prefer to open it via google. Karena kalau masuk ke web nya kadang lamreta bambang. Nggak tau deh kenapa. Jadi saya memilih pergi ke google, ketik ‘imigrasi’. Lalu akan muncul tampilan seperti ini :

pasporonline3

Langsung di klik di Paspor Online. Dan akan muncul tampilan seperti ini :

pasporonline

Kemudian klik di Pra Permohonan Personal, dan akan muncul tampilan seperti ini :

pasporonline2

Nah, kalau udah sampai di sini, tinggal dipilih atau dimasukkan saja data-datanya sesuai dengan kartu identitas. Karena si boy belum punya KTP, maka semua data saya ambil dari Kartu Keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (versi saya), ya waktu mengisi data-data paspor online anak. Yaitu :

  1. Nomor Identitas anak adalah NIK yang ada di Kartu Keluarga
  2. Tanggal dikeluarkan adalah tanggal Kartu Keluarga dikeluarkan
  3. Masa berlaku sampai dengan Kartu Keluarga tinggal ditambahin aja 5 tahun
  4. Pastikan semua data yang dimasukkan sesuai dengan Kartu Keluarga.

Kalau semua data sudah diiisi dan sudah submit. Imigrasi akan mengirimkan email yang isinya seperti ini, beserta surat pengantar untuk pembayaran ke bank. Surat Pengantarnya dalam format pdf ya, nanti tinggal diprint aja dan dipakai untuk pembayaran.

pasporonline4

Nggg…itu kenapa pakai dicoret kuning segala, Yes? Umm…nggak pa-pa pengen aja. Hihihiih πŸ˜›

Trus bayarnya dimana? Waktu itu saya bayarnya di BNI. Bilang aja sama Pak Satpam kalau mau bayar paspor online. Beliau akan menuntunmu ke jalan yang benar. Trus di sana juga nggak perlu isi form apa-apa. Cuma nunjukin surat pengantar dari Imigrasi yang udah diprint tadi, kasi duit 355rb itu. Udah! Selesai.Β  Setelah bayar, kita akan diberikan bukti bayar yang akan kita pakai untuk langkah selanjutnya.

Setelah bayar, buka kembali email yang dari Imigrasi tadi dan klik di link yang sudah diberikan. Sayang sekali saya kemarin lupa capture. Di tahap ini kita diminta memasukkan NTPN yang ada di lembar bukti pembayaran tadi. Tinggal dimasukin aja nomornya. Ada 16 digit yang adalah campuran huruf dan angka. Setelah itu pilih tanggal kedatangan untuk wawancara dan poto. Setelah selesai kita akan menerima email yang ada lampiran surat seperti ini :

pasporonline5

Yey..hampir selesai. Tinggal datang aja nih ke Imigrasi. Kalau untuk paspor dewasa mungkin udah jelas ya syarat dokumen apa aja yang harus dibawa. Kalau untuk balita ada dokumen lain yang harus dibawa ya, mom. Jadi selain dua surat yang kita terima lewat email, nih dia list dokumen yang harus dibawaΒ  :

  1. Akte Lahir
  2. Kartu Keluarga
  3. KTP kedua orangtua
  4. Surat Nikah orangtua
  5. Surat Pernyataaan bermeterai 6000 yang ditandatangani kedua orangtua *
  6. Bukti Bayar dari bank

Semua dokumen tersebut dilengkapi 1 potokopi. Pastikan kertasnya ukuran A4 ya. Untuk KTP orangtua, potokopinya di satu lembar saja. KTP nya dipotokopi depan belakang ya. Untuk Surat Pernyataannya saya ada softcopy form kosongnya dan bisa langsung diisi pakai PDF edit. Kalau mau please feel free to contact me. Ya, kalau nggak males tulis tangan aja sih. Hehehe….

Trus bagaimana kisah pengantiran di Imigrasi? Kita lanjut di next posting aja ya, ni si boy udah ribut minta ditemenin nonton kartun kesukaanya. Happy weekend, mom πŸ™‚

 

Advertisements

23 thoughts on “Cara Mudah Membuat Paspor Anak

    1. iya. nggak serempong yang kubayangkan selama ini. tapi emang sekarang lebih dipermudah ya. katanya kalo di Jakarta malah paspornya dikirim ke rumah, jadi kita nggak perlu ambil sendiri ke Imigrasi πŸ™‚

  1. Aku kmrn renew pasportku sendiri pake online ini, walopun yaa ada sdkit masalah yg bikin jd panjang dan krn server imigrasi seluruh indonesia cm 1, itu bikin susah diakses di jam2 sibuk :(. Ampuun dah..

    Kalo pasport anak yg pertama aku bikinnya jg lwt temen yg kerja di sana mbak :p. Walo temen juga mahal bayarnya :D. Nah ntr utk anak kedua aku mw coba bikin sendiri deh. Tp kliatannya hrs cuti dr kantor biar ga rempong :p

    1. aku kemarin bukanya malam, mba…di atas jam 10an lantjar djaja.
      kalau dapat nomor antrian kecil kayanya ga perlu cuti, ijin setengah hari bisa. temenku bulan lalu ngantri mulai 7.30, dapat nomor 20. Jam 9an udah beres. Jam 10an dia udah nyampe kantor πŸ™‚

  2. boleh share contoh surat pernyataannya ga sist? mau bikin paspor buat anakku nih.. tpi anakku masih dibawah 2 tahun, belum bisa diajak ngomong/wawancara hehehee

      1. mom, mau dong minta email contoh surat pernyataannya… karena aku juga mau buat passpor untuk anakku yang masih dibawah 2 tahun πŸ™‚ makasih mom…

  3. Mba nanya ya. Anak sy lg liburan ke jkt sendirian sy di kalsel eh ko ternyata malah mau dibawa ke singapur ama tantenya. 1.Bisa nda ya dia buat paspor disana. Ditemenin tantenya. Tp berkas aslinya nda ada. Kl fotocopian aja boleh nda ya. 2. Atau yg ini dr jkt anak sy kemksr dan sy dr kalsel jg makasar. Nah kan ketemuan disana. Apa bikinnya dimakasar aja gitu ya.krn berkas asli bisa sy bw. Oya kl ibunya aja yg nguruskan bisa nda soale bpknya tinggal di kalsel. Makasih infonya

  4. Mba nanya ya. Anak sy lg liburan ke jkt sendirian sy di kalsel eh ko ternyata malah mau dibawa ke singapur ama tantenya. 1.Bisa nda ya dia buat paspor disana. Ditemenin tantenya. Tp berkas aslinya nda ada. Kl fotocopian aja boleh nda ya. 2. Atau yg ini dr jkt anak sy kemksr dan sy dr kalsel jg makasar. Nah kan ketemuan disana. Apa bikinnya dimakasar aja gitu ya.krn berkas asli bisa sy bw. Oya kl ibunya aja yg nguruskan bisa nda soale bpknya tinggal di kalsel. Makasih infonya

    1. Halo, mba Tri…terimakasih sudah mampir di blog saya. Saya coba jawab ya… πŸ™‚
      1. Untuk apply paspor harus melampirkan dokumen asli, mb. Fotocopy saja tidak cukup.

      2. Seharusnya boleh apply paspor di semua kantor Imigrasi di Indonesia, tapi sepertinya ada syarat tambahan seperti : surat keterangan domisili, surat sponsor dari alamat yang ditumpangi. Saran saya lebih baik mb telpon ke Imigrasi Makasar. Karena kadang tiap daerah agak-agak beda dikit peraturannya.

      Oya..kalo nanti anak mba jadi liburan ke Singapore sama tantenya, jangan lupa bawain surat kuasa yang ditandatangani kedua orangtua ya.

  5. mbak saya mau tnya, saya mau bikin paspor untuk keponakan saya, apa bisa diwakilkan dr pihak orang tua kepada saya? atau hrs salah satu orangtuanya datang ke imigrasi? apa gimana ya mbak.. sama boleh saya minta dikirimkan contoh surat pernyataannya ke email saya?
    terima kasih πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s