TheWayOut/Tips

Biar Ga Brenti Di Pertigaan ( Tips Menulis)

Beberapa hari kemarin ada seorang pembaca novel gw…(hihihih…ternyata ada juga yang mau beli novel gw tanpa paksaan..uakakakakkakaka…) yang nge-add gw di Fesbuk then kirim message…she said “Maap, anda penulis novel Samudra The Melting Glacier itu ya?”…then gw balas lah message dia en nanya pendapat dia tentang “Samudra”. Dia bilang “novelnya bagus, mbak…jarang banget ada novel yang setting-nya di Semarang”…ehehehehehhe….
Trus abis itu dia message gw lagi, ternyata dia juga suka nulis tapi selalu berhenti di tengah jalan, nggak pernah bisa selesai. Lalu dia bertanyalah ke gw…gimana sih mbak caranya biar bisa bikin cerita sampai selesai…
Oke…bukan bermaksud menggurui..tapi hanya sekedar berbagi pengalaman…langkah-langkah (hihihiih..langkah-langkah bok!) yang biasanya gw tempuh untuk menulis sebuah cerita adalah…..

Hal pertama yang harus gw catat adalah : Gw nggak akan pernah bisa menulis kalo gw nggak pernah membaca…say thanks to Oppungku yang udah nularin minat baca padaku sejak kecil..jadi banyaklah membaca..anything..asal jangan stensilan ajah…uakakakakka..selain menambah pengetahuan dan wawasan..dengan membaca buku gw juga bisa belajar tentang teknik menulis, alur, setting dan…tak jarang setelah membaca sebuah buku atau novel gw jadi terinspirasi untuk menulis sesuatu…dan buat gw…novel yang bagus adalah novel yang bisa membangkitkan semangat nulis gw…hihihihiih….
Oke kita mulai ke langkah nyatanya ya…
Kalo gw sih..sebelum menulis sebuah cerita, biasanya cerita itu gw selesaiin dulu di otak gw…gw bengonglah sendirian di atas genteng…kaya nonton sebuah film yang diputar di alam imajinasi gw…setelah tamat…baru gw mulai bikin outline…
Ini penting..karena kalo gw belum tau cerita ini ceritanya gimana, endingnya gimana…pasti embrio novel gw gak bakal jadi dan berhenti di pertigaan…hekekekek…
So :
gw mainkan dulu cerita yang mau gw tulis di otak gw
gw bikin kerangka cerita, misalnya : bab I tentang ini, bab II tentang ini dst…
cari nama tokoh, buat gw nama itu penting, karena menurut gw nama berpengaruh ke karakter tokoh, misalnya : tokoh dengan karakter yang keras, pendiam, sinis dan cuek nggak bakal gw kasi nama Melati. So guys…gw cari nama yang kira-kira cocok dengan karakter. Pake feeling aja…gak usah ampe nanya ke mama loren…uakakakkaka….
Nah di pencarian nama tadi sekalian gw bentuk karakter tokohnya….
Kalo semua konsep dah selesai baru deh…gw berhadapan ama si Kebo tersayang……
Mulai ngetik….
Oke gw punya kerangka cerita…tapi nggak selamanya kerangka itu gw ikutin..kalo ditengah jalan gw dapat ide lain gw juga sering ganti jalan cerita…kerangka tadi gunanya hanya untuk…ummm…bisa dibilang pos-pos yang harus dilalui biar nggak berhenti di tengah jalan….
Then..ada hal penting lain yang gw lakukan. Menulis itu harus total…gw harus masuk ke dalam cerita, masuk ke dalam tokoh..jadi gw nulis sambil ngebayangin cerita yang gw tulis dan seolah-olah gw ada disana….kaya orang gila ya? Hehehehe….
Kalo udah selesai…dibaca ulang lagi…..sinkronisasi, editing redaksional…atau kalo ada yang kira-kira lebay ato nggak pantas bisa diganti….
Kalo dah selesai ngetik ampe akhir cerita baru deh gw kasi baca ma temen-temen gw yang tukang kritik……
Dengarkan pendapat temen, karena mereka adalah wakil dari pembaca tulisan gw….lakukan perbaikan..lalu serahkan lagi kepada mereka….
Selesai

Ini sih tips ala gw…kalo lo mau yang bener-bener okeh ada juga nih di blog gw…tips dari beberapa penulis….tapi sebenarnya hal yang paling penting adalah niat dan semangat…percaya de ma gw…makin banyak lo nulis pasti tulisan lo makin bagus…..jadi…teruslah menulis!!!!
Okew?

Piss

Advertisements

4 thoughts on “Biar Ga Brenti Di Pertigaan ( Tips Menulis)

  1. tips yang bagus.. yang pertama udah dikerjain, tapi biasanya kepentok ama kegiatan2 laen ampe lupa nilis.. masih blom total nih kya’nya.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s