Mom's Story

Setelah Kepergianmu

Mungkin sudah menjadi sebuah fenomena ya, bahwa mendapatkan pembantu rumah tangga yang cocok dan tahan lama tu lebih susah daripada cari paccar ehhh..salah ya? 😛

Jadi setelah habisnya masa kerja si mbak yang tadinya bertanggungjawab untuk urusan cuci mencuci, beberes rumah dan menyetrika ituh, maka secara langsung dakulah yang harus menggantikannya. Trus kenapa masa kerjanya habis? Sudahlah ya nggak perlu saya ceritaken kenapah. Biarlah kusimpan sendirih..hiks…

Ottomattis bagian percucian dan penyetrikaan menjadi tugas dan tanggungjawab sayah. Iya, mbak..setelah kepergianmu saya agak sedikit kerepotan dengan semua urusan domestik rumah. Tapi saya pasti bisa, dan saya emang bisa kok. *naikindagu* somboonggg 😛

Okelah, sebagai emak-emak gawul dan smart banget 😛 saya pasti punya tips sendiri dalam menghadapi urusan percucian. Saya bagi tipsnya mau ya? Haratis kok 😛

Suka atau tidak suka, tak bisa kita pungkiri penampilan merupakan hal yang sangat penting. Saat Anda beraktivitas sehari-hari, interview pekerjaan, atau menghadiri acara keluarga, pakaian yang bersih dan rapih akan menunjang penampilan Anda. Menurut beberapa studi, pakaian yang Anda pakai dapat mempengaruhi kesan dan pendapat dari pewancara apakah Anda cocok untuk suatu pekerjaan atau tidak.

 Beberapa Tips Berguna

 Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan untuk memastikan pakaian Anda tetap rapih dan tahan lama untuk mendukung penampilan Anda.

  • Selalu perhatikan label petunjuk perawatan pakaian: terdengar sangat sederhana dan mudah dilakukan bukan? Namun terkadang kita yang tidak mengikuti petunjuk yang disarankan oleh produsen. Cara menggunakan mesin cuci untuk pakaian dapat bervariasi , bukan tidak mungkin pakaian dapat luntur, menciut atau bahkan rusak jika tidak diterapkan. Hal ini dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih besar nantinya. Mesin cuci modern memberi banyak opsi siklus pencucian yang bisa disesuaikan dengan jenis pakaian.
  • Jemur dan keringkan secara alami dengan memanfaatkan sinar matahari: kita sangat diuntungkan hidup di negara tropis dimana matahari bersinar dalam waktu yang lama. Bahkan di saat musim hujan sekalipun, Anda masih dapat merasakan sinar matahari.  Walaupun menggunakan mesin pengering pakaian akan mempercepat waktu pengeringan, namun jika tidak dilakukan dengan benar, menggunakan mesin pengering dapat membuat pakaian menjadi ciut atau rusak. Untuk membuat pakaian lebih tahan lama, hindari penjemuran dibawah terik sinar matahari langsung.
  • Menyetrika atau tidak menyetrika?: sekarang sudah banyak pakaian, khususnya pakaian kerja yang disebut ”wrinkle free/ iron free”. Pakaian jenis ini diklaim oleh produsen tidak perlu disetrika, alhasil akan menghemat waktu Anda. Namun untuk pakaian yang perlu untuk disetrika, Anda dapat menggunakan setrika uap yang lebih cepat prosesnya. Tips lain adalah untuk tidak membiarkan pakaian lembab atau kering dalam keranjang terlalu lama. Hal ini akan membuat pakaian menjadi cepat kusut. Segeralah menjemur atau menyetrikanya.
  • Simpan pakaian Anda dengan baik: setelah pakaian kering dan sudah disetrika, Anda harus menyimpannya dengan baik. Untuk pakaian yang bisa dipakai beberapa kali sebelum dicuci, simpan dengan menggunakan gantungan pakaian. Menggantung kemeja dengan tidak benar dapat meninggalkan bekas tonjolan pada daerah sekitar leher atau pundak yang cukup susah untuk dihilangkan.

 Investasikan Uang Anda  

Tentunya cukup banyak uang yang kita keluarkan untuk membeli pakaian, dan beberapa jenis pakaian seperti jas akan lebih  mahal dibandingkan jenis pakaian lain. Investasikan uang Anda untuk membeli barang-barang berkualitas baik yang niscaya akan membantu penghematan jangka panjang Anda.

  • Mesin cuci dan deterjen: begitu banyak pilihan mesin cuci yang ada di pasaran. Semua informasi yang Anda butuhkan tersedia dengan mudah di internet. Anda dapat membandingkan model yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi dana yang ada. Gunakan deterjen yang sesuai spesifikasi mesin cuci. Tips: mencuci dengan air dingin cukup baik untuk bermacam jenis pakaian dan menghemat biaya jika dibandingkan mencuci dengan air panas. Beberapa jenis pakaian tidak cocok untuk dicuci dengan air panas.
  • Setrika: Anda dapat memilih setrika uap ataupun setrika konvensional. Memiliki setrika uap akan menghemat banyak waktu Anda, namun harganya cukup tinggi.
  • Lint roller / remover : alat ini cukup praktis dan berguna, khususnya bagi pemilik binatang peliharaan. Dengan menggunakannya pada pakaian Anda, bulu-bulu binatang peliharaan, benang, maupun rambut halus dapat terangkat. Karena bentuknya yang kecil, Anda juga dapat menyimpannya di kendaraan sewaktu-waktu dibutuhkan.

 Dengan langkah-langkah mudah diatas, pakaian Anda akan selalu rapih dan siap digunakan untuk sehari-hari ataupun interview pekerjaan yang Anda idam-idamkan. Selamat mencoba!

Advertisements

2 thoughts on “Setelah Kepergianmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s