Uncategorized

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berbelanja Online

Mumpung lagi hari belanja online nasional, yuk kita berbagai kisah tentang belanja online. Apa? Kakak belum pernah belanja online? Jangan khawatir, banyak temennya kok. Dan nggak ada yang salah dengan kakak, kalau kakak belum pernah belanja online.

Bagi saya yang tinggal di kota (kecil) yang nggak ada emolnya dan agak susah cari tempat belanja yang barangnya update dan tentu saja harganya murah, belanja online adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan eh sebenarnya lebih banyak keinginan sih. Hihihiih… 😛

http://www.dreamstime.com/stock-image-image39821581

Sebagai penjual online juga, bisa dibilang sepak terjang saya dalam dunia perbelanjaan online sudah cukup mumpuni (shombong!) 😛 Dijaman dulu kala waktu segala macam toko-toko online itu belum berdiri, eike masih sempat merasakan jualan online di facebook. Masih sempat merasakan jualan online di BBM, Instagram dll. Eit, saya pernah lho jualan sepatu online dengan omset lebih dari 10juta seminggu. Takjub juga waktu itu, rejeki kok bisa datang tiba-tiba gitu ya.

Oke, Yes. Kita lanjut tentang belanja online aja ya. Dan langsung aja ya. Kita sampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berbelanja online

Toko Online Tempat Berbelanja

Tempat dimana berbelanja adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selain ratusan toko online umm….kayanya ada ribuan kali ya, yang berjualan di web resmi mereka, banyak juga pelapak online yang berjualan lewat Instagram, facebook, bahkan lewat grup WA, BBM dan LINE. Yang terbaru nih, sekarang lagi musim jasa titip beli di Instagram. Jadi si penjual akan mengupload poto-poto barang-barang branded yang ada di toko tertentu, lalu pembeli akan memesan. Selain ongkos kirim, kita juga harus membayar jasa titip yang sudah ditentukan si pelapak. Harus jeli juga memilih jasa titip ya. Sebaiknya cek dulu testimoninya atau feed Instagramnya. Tapi dari pengalaman saya sih, rata-rata terpercaya ya. Si pelapak juga kebanyakan ibu-ibu yang senang belanja.

Untuk toko online yang punya web resmi, saya cenderung memilih toko online yang menawarkan bebas ongkos kirim, tersedianya fasilitas retur dan sistem real time stock. Jadi kita nggak perlu rempong nanyain ‘ini masih ada stok nggak sis?’. Kredibilitas toko online juga jadi pertimbangan penting ya. Kalau saya sih prefer belanja di toko online yang udah punya nama.

Ketersediaan Barang

Nah ini, makanya saya prefer belanja di toko online yang pakai sistem real time stock. Sebelum membayar harus dipastikan dulu stoknya masih ada atau nggak. Kalau sistem stoknya masih manual kita harus tanya dulu ada stok atau nggak. Trus belum tentu juga dijawab lho. Tadinya mau beli popok new born, eh sampai anaknya udah TK, pertanyaan saya nggak dijawab-jawab. Ada juga yang kita udah transfer, eh…barangnya ternyata udah sold out. Duitnya dibalikin sih. Tapi hayati kan jadi patah hati. Tadinya  udah deg-deg ser nungguin kedatangan babang kurir, eh malah permintaan maaf dan refund yang terjadi. Capek hati kan, shay? (dramak!) Hahahhaha…

Harga Barang

Jangan cepat terbuai dengan rayuan diskon. Bisa jadi diskon 50% di toko anu tapi bisa lebih murah di toko lainnya. Ada baiknya memeriksa harga di beberapa toko. Kalau saya biasanya memasukkan nama barang (kalau ada beserta tipe atau serinya) di google search. Nanti akan terpampang nyata dimana saja dan berapa harga barang itu dijual. Kalau belanjanya di Instagram, tinggal pakai hashtag nama barang saja.

Kwalitas Barang

Baca dan perhatikan dengan teliti keterangan tentang barang yang akan kakak beli. Kalau belanjanya di Instagram, minta real picture ke si pelapak. Periksa dengan teliti segala macam tentang ukuran,warna dan spesifikasi lengkapnya. Jangan sampai terjadi kekecewaan mendalam saat barang sudah ada dalam pelukan.

Hati-Hati Menggunakan Kartu Kredit

Sekarang ini hampir semua toko online menerima kartu kredit sebagai cara pembayarannya. Pembayaran dengan kartu kredit emang lebih praktis ya. Dengan kartu kredit kita tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran. Prosesnya juga lebih cepat. Ada lho toko online yang kalau mbayarnya pake kartu kredit 4-5 hari barang udah tiba di pangkuan, tapi kalau bayar dengan tranfer bisa sampai 10 hari. Kerasa kan bedanya?

Kalau memang harus pakai kartu kredit, periksa security website si pelapak. Biasanya ada di Home kanan bawah. Teliti juga saat memasukkan informasi kartu kredit. Di beberapa toko online ada pilihan untuk menyimpan data kartu, sebaiknya jangan simpan data kartu kredit kakak. Bahaya!

and the last but not least….

Butuh atau Ingin?

Waa ini….daripada meratapi kondisi mutasi rekening. Sebaiknya ditinjau ulang tujuan kakak belanja. Kalau emang pas ada diskon yang harganya murce bambang sih….bungkus ajalah ya. Tapi kalau harga norma atau diskonnya cuma dikit, ummm….pikir-pikir lagi lah, shay. Butuh atau ingin? 🙂 Belanja online itu candu lho 😛

Udah gitu aja dari saya. Selamat hari belanja online nasional, semuahhhh….. Semoga rakyat Indonesia bahagia dan sejahtera sepanjang masa 🙂

Advertisements

9 thoughts on “Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berbelanja Online

  1. Makasih tipsnya mbak.. dulu beberapa kali mengalami yang udah transfer tahu2 barang habis dan direfund, memang bikin capek ya mbak, soalnya harus cari2 lagi di olshop lain. Makanya belakangan ini lebih suka belanja di e-commerce aja, hehe.

  2. kalau belanja online cari diskonan, ada salah situs yang memberikan informasi kode diskon dan voucer untuk berbelanja online di toko online besar seperti lazada,bibli matahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s