Kuala Lumpur · travelling

Things to Know If It is Your First Visit to Kuala Lumpur

Udah pernah ke Kuala Lumpur? Mungkin ke Johor udah, ya. Sekalian ke Singapore trus mampir ke Lego Land. Kalau ke Kuala Lumpur mungkin agak enggan, ya? Karena selain Petronas, tidak begitu banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ini pendapat beberapa teman waktu saya ajak backpacker an ke Kuala Lumpur. Mungkin karena ini juga, harga hotel lebih murah di Kuala Lumpur daripada di Jakarta ya. apalagi Singapore. Bisa tiga kali lipat, shay.

Saya juga baru pertama kali ini mengunjungi Kuala Lumpur. Sebenarnya pengen ke Johor sih, mau bikin senang si boy dengan mengajaknya main ke Lego Land. Tapi apalah daya, my sisters yang bersepakat family gathering di Malaysia memutuskan untuk di Kuala Lumpur saja. Okelah, tujuan utama is family gathering. So, berangkatlah kita!

20170123_133711

Trus emang kenapa sih, Yes pakek acara things to know segala. Nggak ada papa sih, cuma mau share aja. Jadi ya, kakak harus tahu kalau waktu di Kuala Lumpur satu jam lebih dulu dari Jakarta dan Indonesia bagian barat (udah tahu dari SD kali, Yes) hahahahha…. Yuk kita mulai bahas satu-satu :

IMIGRASI

Umm..itu…di Imigrasi waktu baru tiba di bandara. Saya baru tahu kalau di KLIA kita nggak perlu mengisi Kartu Kedatangan, eh…emang nggak ada yang mau diisi sih. Hihihihihi…..Jadi tinggal setor paspor aja ke petugas Imigrasinya. Trus liat kamera, trus tempelin telunjuk kiri dan telunjuk kanan ke mesin perekam sidik jari yang ada di meja petugas imigrasinya. Udah gitu doang…Kalau anak kecil nggak perlu nempelin sidik jari, ya. Tapi kalau mau pulang, saya sarankan datanglah lebih awal. Karena Imigrasi di KLIA2 itu ngantrinya parah banget.

imigrasi

CUSTOMS DI AIRPORT

Trus pas lewat Customs, yang perlu dimasukin ke mesin x-ray cuma hand bag dan tas tentengan aja alias segala macam hand carry lah. Koper nggak perlu kata bapaknya. Ya udah ikut aja saya mah, pak.

Udah beres urusan Imigrasi dan Customs. So what’s next?

TRANSPORTASI DARI AIRPORT KE KUALA LUMPUR

Perlu diketahui bahwa airport tidak berada di Kuala Lumpur ya. KLIA2 berada di Sepang yang mana bisa ditempuh dalam jangka waktu 50-60 ke pusat kota. Trus transportasi ke Hotel gimanak? Nah ini. Kalau di Jakarta kan kita tinggal ngantri taksi aja kan ya…Kalau di KL masih ada babang-babang yang nawarin taksi gitu. Dan you know, rata-rata taksinya nggak mau pakai argo lho. Jadi langsung tawar menawar gitu. Males amat, yak. Kaya jaman batu aja naik taksi masih pakai nawar.

So you better take bus. Waktu itu kita naik bus jurusan China Town, tiketnya cuma 11 MYR. Tapi bawaannya saya banyak, Yes. Gosah khawatir, bis nya kan ada bagasinya. Bagasinya yang di bawah ya, jadi kakak nggak perlu rempong bawa itu koper ke dalam bis. Masukin aja ke bagasi. Nah, kalau hotel tempat menginap nggak jalanable dari perhentian bis, naik taksi aja. Kan dekat tuh. Ya paling 20 MYR lah. Kalau dari airport jauh, shay! Bayangin aja satu jam lebih perjalanan tanpa ada macet.

BUS GRATIS GOKL

Di Kuala Lumpur ada bus GOKL yang bisa membawa kita jalan-jalan keliling Kuala Lumpur tanpa membayar seperserpun. Untuk tujuan-tujuan yang dilalui GOKL kita bisa hemat anggaran transportasi dengan memakai GOKL. Lebih jelas tentang GOKL bisa baca di sini ya πŸ™‚

COLOKAN LISTRIK

Sama seperti di Singapore, colokan listrik di Kuala Lumpur juga pakai kaki tiga ya. Jadi kalau memang sudah punya lebih baik dibawa aja. Tapi biasanya di hotel-hotel baru colokannya udah yang dua bisa tiga gitu kok. Tapi beberapa hotel masih pakai yang kaki tiga. Di Ibis Style Fraser Business Park sudah pakai yang bisa dua dan tiga. Di Pullman KLCC masih pakai yang kaki tiga. Sebenarnya gampang sih ngakalinya…itu…carilah lidi yang kira-kira segede tusukan satelah, nah…masukkan lidi ini ke satu lubang colokan, bersamaan dengan itu masukkan colokan kaki dua kakak. Kalau colokan kaki dua sudah masuk, lepaskan lidinya. Easy hah? πŸ™‚ Ingat hanya yang bahannya kayu ya. Jangan pule nanti akak masukkan besi, bisa gawat kan? Hehehehe…

HARGA MAKANAN

Menurut saya sih relatif murah ya. Dan hampir sama kaya Jakarta kayanya deh. Kemarin pesan room service buat makan si boy aja cuma 25 Ringgit lho. Burget Kid Set. Dan itu burgernya gede banget, dagingnya beneran asoy dan french friesnya bukan kaya french fries yang di fast food fast food itu, tapi kentang goreng yang potongannya agak gede dan rasanya nggak asal-asalan. Ini hanya perbandingan, room service di hotel bintang lima aja segitu. Dan harga air mineral di supermarketΒ juga cuma 2 Ringgit untuk ukuran 2700ml. Murah banget ya dibanding Singapore yang satu botol aja satu koma sekian dolar? πŸ˜€ Makan di luar hotel berapa, Yes? Nggak tahu soalnya dibayarin terus sama adik saya…hahahahha….Pas mau pulang kita makan di Old Town KLIA ding, itu juga cuma habis sekitar 50 ringgit untuk tiga orang.

Udah itu aja sih yang mau saya sampaikan tentang hal-hal yang perlu diketahuai kalau belum pernah dan akan menjadi kunjungan pertama ke Kuala Lumpur. Mungkin ada yang bersedia menambahkan? πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “Things to Know If It is Your First Visit to Kuala Lumpur

  1. aku si ke KL karena gratisan mba jadi ga tau ternyata taksinya ga pake argo :p iyaya dipikir2 KL cuman itu doannk untungnya aku diajak ke Melaka jadi ga boring bgt liatin petronas sama sungei wang πŸ˜€

  2. Beberapa kali ke KL, baru sekali naik taksi, dari bandara ke hotel. Itupun yang pre paid, jadi udah jelas harganya berapa tanpa additional cost. Lumayan πŸ™‚ sisanya pakai kendaraan umum, jalan kaki atau…grab dan uber πŸ˜€ murah!

    Aku juga kalo ke Malaysia lebih suka ke kota lain macam Malaka, Penang atau Langkawi. Tapi ternyata ada juga beberapa destinasi menarik di KL macam pertunjukkan Mud KL, main ke Canopy Walk dsb. Sukanya di sana, transportasi publiknya murah. Untung aja di Jakarta ada gojek haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s