travelling

3 Alasan Kenapa Kamu Boleh Traveling Dengan Menggunakan Kartu Kredit

Traveling kok ngutang? Nista amat hidup lo, Yes? Orang tuh ngutang buat beli rumah, buat investasi, nambah modal usaha, lah kamu…ngutang buat jalan-jalan ke luar negeri? Waras kah? Eh, masih mending lho ngutang ke bank daripada ngutang ke teman atau sodara trus udah ditagih-tagih nggak bayar-bayar eh malah ngutang sama teman yang lain jugak.

Eh tapi tunggu dulu. Orang yang menggunakan kartu kredit untuk beli tiket pesawat dan booking hotel itu belum tentu ngutang lho. Lho kok bisa? Namanya pakai kartu kredit ya pasti ngutang, lah. Eh jangan salah. Ada lho orang yang setor uang tunai dulu ke rekening kartu kreditnya sebelum digunakan untuk beli tiket pesawat atau booking hotel. Ada. Adaaaa.

Okelah, langsung aja kita ke 3 alasan kenapa sah-sah aja beli tiket pesawat atau booking hotel dengan kartu kredit

SUDAH PUNYA ANGGARAN UNTUK TRAVELING

Jadi segala biaya untuk traveling yang akan dilaksanakan, memang sudah dianggarkan dan sudah jelas sumber dananya. Kalau memang belum dianggarkan dan belum jelas sumber dananya darimana, simpan jauh-jauh deh tuh kartu kredit. Walaupun limitnya sampai ratusan juta, itu tidak akan mengubah apapun. Traveling is not a must, bisa ditunda kok sampai kita benar-benar siap secara ekonomi. Tapi ini lagi musim gugur dan aku ingin melihat daun-daun berguguran di Amsterdam. Halah…daun-daun berguguran di Amsterdam bisa dilihat di Youtube. Kalau nggak punya duit nggak usah banyak gaya lah. Kartu kredit itu alat pembayaran, kakak. Bukan sumber dana. Clear, ya?

ADA PROMO DISKON DENGAN KARTU KREDIT TERTENTU

Akhir-akhir ini sering ada ya yang kaya gini. Dengan menggunakan kartu kredit tertentu untuk pembayaran tiket, maka kita akan mendapat diskon sekian-sekian.Β  Dan diskonnya lumayan banget. Dengan kartu kredit anu kita juga akan diskon menginap di hotel anu. Kalau saya sih daripada nggak dapat diskon, mending bayar pakai kartu kredit lah ya. Mayan kan diskonnya bisa buat ngurangi anggaran traveling. Bisa buat beli oleh-oleh buat tetangga. Hehehehe…tapi balik lagi ke yang tadi ya….kalau memang sudah ada anggarannya. Jangan karena ada promo trus beli tiket booking hotel pakai kartu kredit. Trus pulang liburan pala pusing mikirin hutang kartu kredit.

CICILAN SUDAH LUNAS SEBELUM TRAVELING DILAKSANAKAN

Pada dasarnya kartu kredit adalah alat pembayaran, bukan sumber dana untuk membayar sesuatu. Tapi pada kondisi tertentu ada kalanya kartu kredit memang harus berperan sebagai sumber dana untuk membayar sesuatu.

Jadi ada promo tiket pesawat Jakarta – Amsterdam 4jt pp. Gilak murah banget. Periksa anggaran tahun ini, anggaran traveling sudah digunakan untuk nonton konser Coldplay di Bangkok. Tabungan juga udah dialokasikan untuk sesuatu yang lebih penting. Intinya nggak ada anggaran untuk traveling ke Amsterdam. Tapi kapan lagi dapat tiket semurah ini? Aku kan udah bercita-cita pengen menghirup udara Amsterdam sejak masih dalam kandungan ibuku. Cuma 4juta pulang pergi, mana bisa cicilan 0% pulak. Aku akan menyesal kalau melewatkan kesempatan ini. Kartu kredit, mana kartu kredit?

Okelah, belilah tiket maha murah itu dengan cicilan 0% kartu kredit anu. Tapi aturlah waktu traveling agar terlaksana pada saat cicilan sudah lunas. Perketat pos-pos pengeluaran yang lain untuk membayar cicilan. Jadi pada saat pulang dari traveling, udah nggak ada utang lagi. Dan bisa melanjutkan hidup dengan ceria. Eh nggak bisa, Yes. Cicilanku udah banyak, e…aku paling ambil cicilan 18 bulan lah untuk beli tiket ini. Wah, kalau gitu sih gosah nggaya jalan-jalan ke Amsterdam lah, kak. Realistis aja. Jalan-jalan ke Ambarawa aja, sana…Hahahahahahha…..

Intinya adalah, jangan memaksakan diri. Dan ingat, kartu kredit adalah alat pembayaran. Bukan si mbah yang mbok utangi tapi mbayar e mboh kapan πŸ˜€

maastricht

Anyway, inilah adalah kota Maastricht yang selalu memanggilku untuk datang. Salah satu kota tua di Belanda yang keknya ada sesuatu yang menungguku di sana. Masih terus yakin if someday i will be there, menghirup udaranya dan menatap tenangnya sungai Maas. Someday dan bukan dengan ngutang kartu kredit. Bahahahahhaa…. πŸ˜€

Mohon maaf kalau ada yang tersinggung ya, kakak. Peace! πŸ™‚

Gambarnya diambil dari sini

Advertisements

8 thoughts on “3 Alasan Kenapa Kamu Boleh Traveling Dengan Menggunakan Kartu Kredit

  1. Keren mba, “kartu kredit adalah alat pembayaran, bukan si mbah yg bisa dihutangin dan entah kapan bayarnya” πŸ˜€ πŸ˜€

    Kalau aku malah nggak berani apply kartu kredit sampai sekarang, takut khilaf πŸ˜€
    Cmn punya debet, itupun buat transit aja, nggak pernah ada yg menetap duitnya (bhahahha)

    Salam,
    Sarah

  2. setujuuuu mba… aku dan suami unya CC ya karena ini memang benefit dari bank tempat kami kerja :D… tapi aku tau batas menggunakannya lah.. kalo aku sih yg dikejar poin rewards nya mba…. jd aku memang slalu belanja pake cc, tapi stelah itu lgs aku bayar lunas .Dari situ aku lgs dapet poin rewards, yg bisa dituker ke voucher belanja ato miles pesawat SQ / garuda.. untungkan jadinya ;)? CC buatku dan suami itu hanya utk jaga2… tapi kita slalu lgs bayar lunas supaya ga kena bunga… πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s