Mom's Story

Agar Anak Suka Makan Buah

Jadi kapan itu saya upload foto bekal si boy (yang kebetulan buah-buahan) ke Instagram saya. Lalu ada seorang teman yang nanyak, itu beneran anak lo makan buahnya atau cuma buat pencitraan doang? Heh? Ada gitu bekal anak buat pencitraan? Pusing saya ya, sosmed jaman now emang sedikit mencengangkan.

ig

Itu Yakultnya nggak jadi dibawa karena kata si boy nggak boleh bawa bekal dalam kemasan ke sekolah 😀

Trus saya jawablah sejujurnya bahwa itu emang bekalnya si boy kaya gitu dan kadang habis kadang sisa, tapi sisanya dia juga yang makan di rumah. Dan lalu dia bertanya lagi, kok bisa anak lo suka buah? Anak gue nggak mau sama sekali, kerjaannya jajan melulu…sehari aja bisa 10rb jajannya. Hah 10rb/hari? Berarti sebulan 300rb ya? Nambah dikit bisa buat bayar uang sekolah. (emak-emak perhitungan 😀 )

Mungkin ada juga beberapa emak-emak di sini yang menghadapi masalah yang sama. Anak nggak suka makan sayur dan buah emang kayanya udah biasa ya. Ya, meskipun sebenarnya yang suka makan sayur dan buah juga banyak lho.

Sebenarnya saya juga terinspirasi bekalin si boy dengan pure buah (tanpa campuran apapun) dari temannya waktu KB dan TK kecil dulu. Jadi ya, teman si boy yang bule-bule itu jarang banget bawa bekal rerotian atau jajanan pasar dkk. Bekalnya selalu buah atau salad sayur atau paling banter french fries alias kentang goreng. Trus ya waktu piknik sekolah ke luar kota, waktu di bis anak yang lain mah ngemil kripik-kripik bermecin dan atau roti atau tepung-tepunganlah…teman-teman bule nya ngemil apa coba? Wortel yang udah dipotong-potong kaya stick gitu, guys! Hmmm…pantesan anaknya jarang banget sakit dan giginya masih baguuuusss banget.

Oke balik lagi ke kenapa bisa suka makan buah tadi? Sebenarnya si boy suka makan buah itu tidak direkayasa atau sengaja direncanakan. Aduh…kok ribet ya bahasanya? Mungkin karena MPASI pertamanya dulu juga buah kali, ya. Ngaruh nggak sih? Jadi dulu MPASI pertamanya si boy emang pisang dan alpukat. Trus waktu giginya udah mulai nongol sering kita kasiin wortel kukus, jeruk baby, apel trus apa lagi ya? Lupa. Dan makanannya juga selalu dikasi sayur.

20171015_182610

Kesininya, karena di rumah memang selalu ada buah. Dan pak bojo sering makan buah di depan matanya si boy (saya agak jarang soalnya…hihihiih..) mungkin si boy jadi niru. Ya adanya itu akhirnya dia makannya itu kan? Kita emang selalu nyetok buah sih. Paling nggak pisang, jeruk, jeruk baby, jambu biji, semangka selalu ada di meja. Buah naga kalau lagi murah…hahahaha… Di awal-awal bulan biasanya ada anggur, apel, kiwi, pear 😀

Intinya sih itu, dari kecil udah dikenalin dan dicontohin. Anak kecil paling pintar meniru kan? Jadi nggak perlu disuruh-suruh, contohin aja pasti mereka ikuttt. Trus ditambah lagi di dekat rumah saya nggak ada warung, warung terdekat ada di RT sebelah. Di tambah lagi si boy nggak pernah nonton TV lokal yang banyak iklan makanannya. Percaya nggak percaya, iklan itu ngaruh banget lho. Jadi pilihan cemilannya nggak banyak, adanya buah ya udah akhirnya dia doyannya itu.

Kalau udah terlanjur gede gimana, Yes? Nggak ada salahnya berusaha, ya. Dicoba aja disediain buah di rumah dan orang rumah juga makan buah, biar anaknya nyontohin. Namanya juga usaha, ya. Bisa berhasil bisa nggak. Tapi kalau nggak mau jangan dipaksa. Kasihan malah jadi bete ntar anaknya.

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Agar Anak Suka Makan Buah

  1. Aku sendiri ada beberapa buah yang gak bisa makan, yang jika dimakan akan mual. Macam alpukat atau sawo. Selebihnya sih masuk semua, apalagi buah rakyat macam pisang dan pepaya. Hahaha. Kalau apel sesekali, pir jarang banget.

    Aku suka heran dengan orang yang gak suka buah, walau sudah di jus. Kalau sayur okelah mungkin krn gak ada rasa atau pahit. Kalau buah kan enak. Mungkin dari kecil kebiasaan jajan juga.

  2. anakku susah sayur dan buah mbak… tapi karena di sekolah bawa bekal buah itu wajib jadilah dia mau bawa 1 pisang tiap hari, kadang utuh, seringnya sudah aku potong2 dan ditaburin meises coklat atau keju.. udah setahun ini dan ga bosan makan pisang, aku variasi sm anggur hijau atau apel malah ngga dimakan >.< yaa untuk buah lain musti di jus deh.. demi sehat yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s