Canal Tour in Amersfoort

20190331_200419.jpg

Gara-gara teman saya sedang di Belanda dan cerita tentang rencana liburan ke Amersfoort, saya jadi kangen deh sama Amersfoort.  Udah hampir setahun yang lalu saya mengunjungi kota tua di provinsi Utrecht itu, tapi saya masih bisa dengan jelas merasakan perasaan dan membayangkan kota kecil yang sangat tenang ini. Apalagi waktu sore-sore menyusuri kanal dengan perahu. Semilir angin yang lembut menyapa wajah menambah kedamaian yang pelan-pelan mengaliri hati. Ah…rindunya.

Jadi inget juga kalau saya belum posting ya tentang pengalaman menyusuri kanal di Amersfoort. Waktu itu, saya dan kedua teman saya menggunakan jasa Waterlijn Rondvaarten Amersfoort. Saya lupa bayarnya berapa, karena waktu itu ditraktir teman saya. Hehehe….

Dari kantor kami berjalan kaki sekitar 10 menit menuju Centrum. Waterlijn Rondvaarten Amersfoort ini ada di Centrum, tepatnya di Krommestraat 5.  Nah dari gang ini masuk gang kecil yang menuju ke arah kanal. Tempat kita naik perahunya.

20190331_201638.jpg

Waktu itu perahu penuh dengan turis lokal sepertinya, karena mereka hampir semua ngobrol dengan bahasa Belanda. Pemandu tour nya adalah seorang bapak yang sudah cukup tua tapi masih tampak kuat dan sehat. Beliau menceritakan detail tentang apa saja yang kami lewati, tapi dengan bahasa Belanda. Untungnya, teman saya berbaik hati dan sukarela menerjemahkan ke bahasa Inggris.

20190331_200728.jpg

Karena waktu itu musim panas, cuaca sangat cerah tapi tidak terlalu panas. Matahari sore menambah kehangatan suasana di sore itu. Sambil menikmati pemandangan sepanjang kanal, para penumpang termasuk saya bercakap-cakap sambil ngemil. Ngemilnya tau nggak apa? Buah anggur, gengs. Beda ya sama kita-kita di sini, pasti ngemilnya Chitato atau bakwan sayur. Hahahaha….

Bangunan-bangunan sepanjang kanal rata-rate sudah berusia ratusan tahun. Melihatnya seperti terlempar ke masa lalu ya. Setiap kali melihat bangunan kuno pikiran saya pasti langsung liar membayangkan gimana ya kehidupan jaman dulu kala.

20190331_201002.jpg

Kami juga melewati Amersfoort Pride : The Tower of Our Lady. Menara ini tingginya hampir 100 meter (98.33 meter) lho dan menjadi salah satu menara gereja abad pertengahan paling tinggi di Belanda.

20190331_201943.jpg

Apa yang saya rasakan selama canal tour waktu itu adalah ketenangan yang luar biasa. Mungkin karena laju perahu juga sangat tenang dan tidak buru-buru, ditambah hangat sinar matahari sore dan semilir angin yang lembut menyapa, duh….jadi kangen kan sama Amersfoort. Kota tua yang sangat tenang dan damai.

 

Advertisements

24 comments

  1. Waaah ssru coba ya sungai sungai di Jakarta bisa di pakai buat piknik sore sore, naik perahu sambil nyemil chitato #teteup

  2. Seru banget mbak bisa travelling ke luar negri gini plus merasakan suasana yang tenang dan damai seperti ini. Jadi betah pastinya yah liburannya plus gak mau pulang

    • Haduu mupeng bener sama suasana tenangnya. Thats why dari dulu aku pengen tinggal di Belanda. Hahaha.

  3. Waaa……belandaaaa…..ini negara eropa yang paling pengen saya kunjungi mbak. Nambah 1 deh tempat di belanda yg kudu dupertimbangkan masuk itinerary, kalo suatu saat nanti saya bisa ke belanda. Tfs ya mbak 🙂

  4. Aku kira itu siang hari loh mbak, eh ternyata sore hari.
    Keliatannya panas cuman nggak terik banget yak… Asyik euyy mbak, bisa mengelilingi canal di amersfoot. Seru pasti mbak, mana lagi disuguhi bangunan di sekitar kanal yang khas bangunan Belanda
    Mupeng euyy heeee

  5. Dari foto-fotonya saja sudah terlihat bagaimana tenang dan damainya Amersfoort. Belanda memang terkenal dengan kota yang bersih dan tenang, ya?

    Bangunan-bangunannya masih bagus ya, meskipun sudah ratusan tahun gitu.

    Dan mmm, ngemil di perjalanan ngemilnya anggur. Kalau di daerah saya pasti ada yang komentar, “horang kaya mah bebas,” hahaha.

  6. Sore hari di Amersfoort tampak seperti siang ya, matahari masih terik. Pasti banyak wisata bersejarah disana. Bangunan Belanda pasti kokoh meski umurnya udah ratusan tahun. Inget bangunan Belanda di Indonesia yang masih bagus sampe sekarang.

  7. Senangnya kalau di sana masih bisa susuri sungai dengan kanal perahu. Sungainya pasti bersih sekali. Bagaimana yaa didik masyarakat kita agar cinta kebersihan dan gak lagi buang pospak ke sungai? Biar bisa main2 dan menikmati keindahan sungai seperti di Belanda begini

  8. Jika dengar tentang Belanda, imaji yang tersaji pertama kali, tentang kincir anginnya. Canal-canal di sana ternyata juga sangat bagus ya, semoga suatu saat bisa menjejakkan kaki disana utk nyambangi keponakan.

  9. Berharap suatu saat juga bisa bertandang ke sini heheeh
    bermimpi dulu aja nggak apa-apa ya Mba Yess, meski english masih belepotan hahaah
    makasih sudah diajak main ke amersfoort mba. Indah dan birunya langitnya itu lho

  10. Lihat-lihat pemandangan di negeri orang selalu aja iri sama kebersihannya, karena ga selalu ada di Indonesia. Semoga suatu saat bisa juga ngemanjain mata di negeri orang.

  11. Sukanya kalau di luar negeri tuh sama kebersihannya
    Jarang banget foto area di luar sana yang nggak nyaman di lihat mata

  12. Huhuhu…mupeng. Belanda ini salah satu destinasi impian banget, suka banget liat view kanalnya deh. Moga suatu saat nanti bisa ikutan kesana.

Leave a Reply to Indri Noor Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s