travelling · Yogyakarta

Bergembira di Gembira Loka

Untuk masyarakat (masyarakat? πŸ˜€ ) Jawa Tengah, ada nggak sih yang nggak tahu Gembira Loka itu apa? Kalaupun ada pasti lebih banyak yang tahu daripada yang nggak tahu ya? Ya? Ya? Iyain ajalah. Hehehe…

Betul sekali, shay. Gembira Loka adalah Kebun Binatang yang ada di kota Jogja. Gembira Loka menjadi salah satu tujuan wisata idola anak-anak. Termasuk si boy. Sebenarnya sedikit prihatin juga karena rencana ke Gembira Loka yang sebenarnya udah direncanakan sejak kapan tau, tapi baru terlaksana waktu si boy berusia lima tahun. Yes, jalan-jalan ke Gembira Loka juga dalam rangka merayakan ulang tahun si boy.

wp-1488235736691.jpg

Disuruh senyum malah pasang muka jelek. Hahahaha…ini sebenarnya dia nggak mau dipoto. Trus dipaksa ama emaknya. Disuruh senyum manis ala model, dia nggak mau. Ya udahlah seadanya jadinya kek gitu. πŸ˜€

Trus gimana caranya biar nyampe di Gembira Loka. Tinggal merem aja, shay. Ntar juga nyampai. Hehehe…karena kita memang tidak bawa kendaraan pribadi, jadi naik taksi ajalah. Kemarin kita pake Grab Car, dari hotel Grand Mercure cuma bayar 18rb. Kalau yang naik kendaraan pribadi mungkin tinggal tanya mbah Google aja kali ya. Dia akan menuntunmu ke jalan yang benar.

Karena hari Senin, maka Gembira Loka tidak terlalu ramai hari itu. Beli tiket nggak perlu ngantri. Dan mungkin karena kita nyampe di sana masih pagi juga kali ya. Sekitar jam 10an gitu. Harga tiket masuk 25rb/orang, untuk anak di atas 3 tahun sudah bayar full ya. Untuk di bawah 3 tahun gretong alias nggak bayar.

wp-1488235556931.jpg

Begitu masuk langsung disambut dengan pemandangan seperti ini. Keren ya? Perasaan waktu terakhir kali ke sini (sekitar sepuluh tahun lalu kali ya…) tempatnya nggak kaya gini deh. Banyak kemajuan yang sangat berarti.

wp-1488236122942.jpg

Jembatannya juga dihias-hias gitu. Dan sungainya bersih, bok! Dari pintu masuk emang harus jalan ya sebelum kita ketemu hewan-hewannya. Jadi pastikan memakai alas kaki yang nyaman.

Selain kebun binatang, kita juga akan mendapati banyak ‘ijo-ijo’ di Gembira Loka. Sepertinya memang sudah banyak kemajuan dibanding sepuluh tahun yang lalu. Umm…bentar..kayanya nggak ada sepuluh tahun sih. Ah entahlah…akoh lupah πŸ˜›

wp-1488236525114.jpg

Selain ijo-ijo yang nyegerin mata. Para hewan-hewan juga diperlakukan sangat layak. Menurutku sih memang sengaja kali diciptakan lingkungan yang dibuat semirip mungkin dengan habitat hewan. Kaya si mas ini nih contohya, di sarangnya banyak banget pohon-pohon. Dan karena waktu itu matahari lagi hangat-hangatnya, mereka pada berjemur sambil merem-merem gitu…

wp-1488237100101.jpg

Tuh babang tiger juga kayanya nggak kalah bahagia nongkrong di jurang kebahagiaannya.

wp-1488237267494.jpg

Buaya-buaya pada leyeh-leyeh sambil menikmati hangatnya mentari pagi. Berjemur bareng konco-konco πŸ˜€

wp-1488236997783.jpg

Dan mbak-mbak Flamingo ocip-ocip manja di pinggir kalik. Itu kali ada ikannya berenang-renang dengan riang ke sana kemari lho.

wp-1488237347975.jpg

Nah..kesanaan dikit kita akan bertemu dengan berbagai macam burung. Mereka emang ditaro di dalam kandang sih. Tapi kandangnya luas ya. Jadi bisa leluasa gitu.

wp-1488239278544.jpg

Wah, capek juga ya kalau jalan terus mengitari kebun binatang. Apalagi kalau bawa anak kecil. Tenang, shay. Ada kereta yang bisa membawa keliling kok.

wp-1488237434484.jpg

Tapi si boy saking semangatnya mungkin, ya. Bisa jalan kaki dari pintu masuk sampai pintu keluar. Si boy sangat gembira bisa melihat berbagai macam hewan. Apalagi pas lihat hewan yang belum pernah dia lihat sebelumnya.

wp-1488237490758.jpg

Masih banyak hewan yang lain sih. Tapi nggak mungkin diupload semua di sini. Hehehehe..intinya anak kecil pasti bahagiak pake banget diajak ke tempat ini. Selain melihat hewan, ada juga wahana-wahana permainan untuk anak ya. Cuma waktu itu kita nggak nyobain karena si boy juga nggak terlalu tertarik. Dia udah cukup sibuk dengan hewan-hewan barunya. Hehehhe…

Kita di sana sekitar 2jam an. Jam 12 kita keluar dari Gembira Loka dan lanjut jalan ke Malioboro.

Eh ya saya suka banget sama ijo-ijo yang ini, pepohonan ijo dipadukan dengan kolam bikin mata seger dan pikiran tenang ya. Jadi selain si boy yang bergembira bisa lihat berbagai macam hewan, emak bapaknya juga bahagiak bisa nyegerin mata dengan ijo-ijo yang menenangkan.

wp-1488237576430.jpg

Advertisements

10 thoughts on “Bergembira di Gembira Loka

  1. Kebun binatang memang wisata andalan bgt buat anak2 ya mba.. Pasti seneng kalo k sana.. Aku pernah lho ke Gembira Loka tapi duluuu bgt pas SD hahaha udah lama bangeeettt.. Jadi pingin nostalgia, nanti ah cari fotonya msh ada gak ya.. πŸ˜€ Semoga makin ke sini tempatnya makin baik, hewannya jg diperhatikannya ya..

  2. I love Gembira Loka too! Ya gimana, di Jogja cuman ada itu hahaha. Tapi sekarang jauh lebih bagus ya, Mba. Ada mobil angkut kalo kita capek, kandangnya juga terlihat lebih bersih. Dan tiketnya pun murah meriah. Love!

  3. Hehe lucu ekspresinya..
    Anak-anak memang harus dikenalkan sama hewan dari kecil ya, mba. Biar dia sayang sama hewan dan gak sembarangan/galak sama hewan. Tapi aku lebih seneng ke Taman Safar daripada Ragunan, mba. Binatangnya lebih gemuk2 hehehe..

  4. Aku sendiri k bonbin baru sekali, itu jg yg di medan :p. Anakku malah belum pernah mba, even ke ragunan :D. Duhhh memalukan memang.. Tp kita pernah kalo ke taman safari :D.. Kapan2 ah pgn ajakin anakku liat binatang2 di bonbin gini.. Mereka suka binatang sebenernya, jd aku yakin bakal seneng sih kesana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s