INDONESIA · travelling

More than 12 hours on The Train

Hanya ada satu kereta api yang langsung dari Solo ke Banyuwangi. Pilihan lain adalah harus naik kereta sampai Surabaya, lalu nyambung lagi dengan kereta yang lain ke Banyuwangi. Dan menurut saya itu lumayan ribet. So kau tak punya pilihan selain naik Kereta Ekonomi Sri Tanjung yang berangkat dari Stasiun Purwosari Solo tepat pukul 07.59 pagi. Oya, Sri Tanjung berawal dari Yogyakarta, ya. Karena Salatiga lebih dekat ke Solo, maka kita berangkat dari Stasiun Solo. Harga tiketnya hanya Rp. 100.000/orang. Jauh dekat Rp. 100.000 ya ๐Ÿ™‚

Udah pernah ke Banyuwangi? Yes, Banyuwangi itu ada di ujung paling timur Pulau Jawa. Nyebrang dikit udah nyampai Bali. Jadi yang pengen trip paket hemat ke Bali, mungkin Sri Tanjung bisa jadi pilihan transportasi. ya. Dari Yogyakarta cuma bayar Rp.100.000, abis itu nyebrang udah nyampe Bali kan? ๐Ÿ™‚ Tapi karena nyampe Banyuwangi nya malam hari, mungkin bisa nginap dulu satu malam di Banyuwangi. Besoknya langsung capcus ke Bali. Seru kan?

Jadi Purwosari itu ada di tengah-tengah Pulau Jawa dan kita melaju menuju ujung timur Pulau Jawa. Jauh ya, bok? Nggak, dekat kok. Hahahahha…..

sritanjung

Jadi gimana rasanya, Yes naik kereta ekonomi selama lebih dari dua belas jam? Itu kalau naik pesawat udah nyampe Amsterdam lho. Hahahaha…..

Kondisi kereta ekonomi sekarang udah beda banget sama jaman dulu kala, ya. Joknya sih ya gitu deh…namanya juga kereta ekonomi. Kalau pengen bantal, mereka menyewakan bantal busa. Harga sewanya cuma Rp. 7000. Tapi kebersihan keretaย  benar-benar diperhatikan. Dan saya baru tahu kalau kereta api sekarang menggunakan jasa cleaning service ISS. Jadi setiap kali akan berhenti di stasiun petugas ISS pasti keliling memastikan semuanya bersih. (dan kereta api Sri Tanjung berhenti hampir di semua stasiun di sepanjang perjalanan lho).

20170715_123541

Ada AC nya juga, tapi kaya AC rumah gitu. Dan buat yang nggak kuat dingin sebaiknya bawa jaket dan selimut deh. Karena AC nya nggak bisa dikecilin or digedein. Biasanya yang duduk ngadep langsung ke AC sih yang kerasa banget dinginnya.ย  Tapi bagusnya udara di gerbong jadi tetap seger dan nggak pengap.

Barang bawaan harus ditaro di tempat barang yang ada di atas tempat duduk. Atau di bawah tempat duduk. Tapi masih ada aja sih yang rese naro barang di gang. Dan masih banyak juga yang tega buang sampah bekas makanan dan minuman sembarangan. Dibiarin aja gitu di lantai, padahal udah disedian plastik kresek untuk tempat sampah. Iya sih mas ISS nya muter terus. Tapi apa susahnya ya naro sampah di tempat yang telah disediakan? Entahlah.

20170715_123404

Dan seharian di kereta api pasti nggak bisa menghindari toilet dong ya. Nggak mungkin kan bisa nahan pipis atau pupi selama tiga belas jam? Toiletnya gimana? Sebenarnya toiletnya udah lebih dari layak. Ada wastafel kecil buat cuci tangan, sabun cuci tangan dan ada tisu juga. Dan ada semprotan untuk cebok. Tapi i do not know why ya…baunyaaaa..padahal ada pengharum ruangan juga lho. Apa pas apes ya orang yang sebelumnya nggak nyiram bekas pipisnya? Tapi kalau kita masuk setelah mas ISS nya ngebersihin, nggak bau sih.

Trus kalau lapar bisa ke ruang restorasi. Atau pesan makanan juga boleh. Petugas restorasi juga selalu lewat menjajakan makanan dan minuman. Kalau saya lebih nyaman makan di restorasi sih, kan ada mejanya.

Waktu itu pilihan makanannya nggak banyak. Cuma ada frozen food. Nasi goreng bakso harganya 30rb, bakso berapa ya lupa…kayanya 15rb deh. Teh hangat 7rb. Rasanyaaa…ummm… lumayan lah.

20170715_123440

Trus 13 jam di kereta itu apa nggak bosan ya? Ya tinggal pintar-pintar aja cari kegiatan. Kegiatan yang paling menyenangkan ya tidur nyenyak ya, mimpi indah eh bangun-bangun udah nyampe tujuan. Hahahaha… Tapi kalau bawa anak kecil yang nggak bisa diam ya nggak mungkin tidur. Ya paling tidurnya kalau anaknya tidur juga. Waktu itu si boy tidurnya lumayan lama sih. Sisanya dipakai buat makan di restorasi (dua kali), main game di Ipad, nonton Youtube,ย  sama ngobrol sama saya dan pakne. Oiya, di kereta ada colokan buat nge-charge batre HP ya. Jadi nggak perlu bawa power bank.

Saya juga tidur waktu si boy tidur, sisanya dipakai buat baca buku, dengerin musik (pastiin update playlist sebelum berangkat dengan lagu-lagu yang kamu suka), ke restorasi, ngobrol sama pak bojo dan si boy, ngalamun sambil liat pemandangan di luar kereta yang ijo-ijo nyegerin mata.

Overall not bad lah menurut saya. Tinggal gimana kita mengisi waktu selama perjalanan aja. Kondisi kereta api cukup nyaman, cuma karena jok nya tipis gitu agak pegel aja fantat kalau kelamaan duduk.ย  Tapi intinya nggak kapok lah. Pegel juga sebentar udah hilang. Apalagi inget harga tiketnya yang cuma seratus ribu.

Kamu mau nyobain nggak naik kereta ekonomi selama 13 jam? ๐Ÿ™‚

IMG-20170715-WA0000

 

Advertisements

5 thoughts on “More than 12 hours on The Train

  1. Kalau dulu sebelum nikah saya pernah ngetrip dama calon suami dan adik naik kereta dari Surabaya sampai Denpasar, Bali. Sama KAI nya kita diseberangin dari Banyuwangi ke Bali. Sampai Bali kita naik bis ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s