Sebentar Saja di Zwolle

IMG_20180805_211808_777.jpg

Karena di dua hari berikutnya saya harus ngantor di Meppel, maka di Minggu pagi saya pindah dari Amersfoort ke Zwolle. Hotel sudah dibooking untuk menginap dua malam, dan untungnya dapat hotel yang dekat stasiun.

Tadinya udah menyusun rencana, setibanya di Zwolle saya akan langsung check in di hotel. Setelah menaruh tas dan barang-barang saya berencana untuk jalan-jalan ke sekitaran kota dekat Zwolle dengan kereta. Tapi eh tapi ternyata perjalanan kereta ke Zwolle hanya sampai t’Harde saja. Dari t’Harde saya harus melanjutkan dengan bus. Ini terjadi karena ternyata jalur ke dan dari Zwolle sedang dalam perbaikan.Β 

map

Setibanya di Zwolle, bus yang saya tumpangi berhenti di tempat yang ternyata bukan statiun kereta. Saya coba mengikuti orang-orang dengan berjalan ke arah mana mereka berjalan. Setibanya di bagian luar bangunan, lho kok nggak ada tulisan Zwolle Station ya? Biasanya kan selalu ada tulisannya. Coba minta petunjuk google map tapi perasaan saya nggak enak, akhirnya saya bertanya pada seorang perempuan tua berwajah ramah. Benar kan, saya salah. Untung nanya. Jadi untuk tiba di hotel tempat saya menginap, saya harus masuk stasiun dulu. Hotel tempat saya menginap ada di depan stasiun. Jadi bangunan yang tadi itu bukan stasiun, entahlah namanya apa. Hahahhaa…

IMG_20180805_212342_654.jpg

Dari stasiun tinggal nyebrang dan jalan sekitar 200 meter udah nyampe di hotel. Kesan pertama saya pada kota ini, kok sepi banget ya? Dan waktu itu anginnya lumayan kenceng jadi banyak daun-daun berserakan di jalan. Nggak ada orang sama sekali, jadi dari stasiun ke hotel sama sekali nggak papasan sama orang.

Setelah menyimpan tas dan barang-barang saya keluar untuk cari makan. Baru ingat kalau terakhir makan tuh waktu sarapan di hotel. Saya jalan aja ikutin feeling, kalau nyasar ntar tinggal cari jalan ke stasiun kereta, kan dekat hotel. Dan ketemu sekolah ini. Wow…sekolahnya udah tua banget ya.

IMG_20180805_211511_677.jpg

Dan jalan yang saya lalui juga masih sepi aja. Pada kemana ya orang-orang? Apa karena panas dan angin kencang mereka pada malas keluar? Saya jalan terus eh ketemu kanal dan jembatan ini. Dan ternyata ini jalan menuju centrum.

IMG_20180805_212141_125.jpg

Sama seperti kota-kota lain di Belanda, di Zwolle juga banyak bangunan tua. Seperti bangunan ini. Ini cuma salah satu dari sekian banyak bangunan kuno yang ada di Centrum nya Zwolle.

IMG_20180805_211642_541.jpg

Dan berbeda dengan suasana di jalan yang saya lewati tadi. Di Centrum tuh ternyata rame banget. Orang-orang pada nongkrong di kafe dan banyak banget yang lalu lalung bawa tas belanjaan. Rupanya pada ngumpul di sini ya. Makanya di jalan tadi sepi banget. Hahahha…

Ini udah hampir jam lima tapi langitnya masih cerah banget. Dan sayangnya, jam lima sore toko-toko udah mulai tutup. Padahal lagi banyak diskon. Duh…tau gitu tadi lebih awal datangnya ya. Jam setengah enam, semua toko udah tutup.

IMG_20180805_211943_205.jpg

Setelah capek muter-muter di sekitar Centrum saya akhirnya memutuskan untuk masuk restoran yang apalagi kalau bukan Mc Donald. Soalnya suka bingung gitu ya mau makan apa. Yaudahlah yang udah jelas aja. Lagian nongkrong sendirian di kafe rasanya gimana gitu ya. Honestly saya masih pengen muter-muter Zwolle dan liat tempat yang lain. Tapi besoknya pulang kantor udah sore banget. Dan kayanya cape banget gitu jadi langsung mandi dan istirahat aja.

Besoknya untungnya teman saya berbaik hati menjemput ke hotel, kalau nggak dijemput saya harus jalan lumayan jauh ke tempat perhentian bis yang kemarin. Stasiun Zwolle masih belum beroperasi sampai dua minggu ke depan kayanya. Pulangnya saya juga diantar sampai hotel. Jadi nggak perlu naik bus dari Meppel ke Zwolle.

Mudah-mudahan ada kesempatan untuk trip ke Belanda lagi, sure i will visit Zwolle and explore the beautiful city πŸ™‚

Advertisements

6 comments

  1. Belum pernah ke belanda dan aku pengeeeen :). Pdhl aku punya banyak teman di sana, tp malah ga jd2 mulu. Udh planning kalo nanti bisa ke eropa, aku pgnnya masuk dr belanda, pgn lamaan di negara ini juga :). Apalagi di sana juga ada themepark yg punya rollercoaster seruuu :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s