Berapa Gaji Yang Kamu Minta?

Money in the hands of the people

Gegara viral anak lulusan segar eh fresh graduate yang menolak gaji 8 juta, saya trus bertanya pada adik saya yang lulusan segar juga tapi bukan lulusan universitas yang sama tapi dari institut pertanian yang ada di -nggak jauh dari Jakarta (ngomong aja di Bogor napa sih susah amat? hahahaha..) ehm… yang juga belum dapat pekerjaan sampai sekarang. (panjang banget ya…..hahaha…nafas dulu, shay! πŸ™‚ )

Saya bertanya apakah dia juga sama dengan seseorang tersebut yang mengharuskan mendapatkan gaji di atas 8 juta? Karena kalau iya, aduh gimana ya…aku cuma mau bilang, kadang-kadang tujuan kita nggak pernah tercapai bukan karena kurang usaha atau doa, tapi karena tujuannya ketinggian. Jadi hanya keajaiban dan kemurahan hati Tuhan lah yang bisa membuatnya terjadi. Tuhan sih selalu bermurah hati, tapi keajaiban kan jarang terjadi. Karena kalau sering terjadi bukan keajaiban lagi namanya. Ye kan? Okay, gaji di atas 8 juta untuk fresh graduate itu sebenarnya ya mungkin-mungkin aja, tergantung jenis pekerjaan dan perusahaannya. Apalagi kalau kamu lulusan Teknik Perminyakan. Tapi kalau kamu mengharuskan dirimu (sebagai fresh graduate) harus dapat gaji di atas 8 juta ya…gimana ya? Coba browsing gih, berapa rata-rata gaji fresh graduate sesuai jenis pekerjaannya.

Makanya kalau sering banget kecewa dan target tak tercapai coba di-review dulu itu targetnya udah sesuai kemampuan atau nggak. Iya sih ada pepatah yang mengatakan gantungkan impianmu setinggi langit, kalaupun terjatuh kau masih terbaring di antara bintang-bintang. Tapi pada beberapa hal, kata-kata motivasi ini nggak bisa diaplikasikan. Contohnya ya itu tadi, pada keharusan besaran gaji fresh graduate pada sebuah perusahaan lokal. Ini maksudnya lokal gimana ya? Yang punya orang lokal dan ruang lingkupnya lokal doang atau gimana?

Pada saat memasuki dunia pekerjaan, kita emang disaring dengan melihat kualifikasi, kompetensi dan segala macam yang berhubungan dengan spesifikasi diri kita. Tapi ketika tentang gaji, itu akan dinilai dari pekerjaan yang akan kita tempati. Perusahaan pasti sudah menentukan range gaji dari pekerjaan yang kita tempati. Jadi mungkin ada juga perusahaan yang nggak peduli lo lulusan universitas mana, yang penting kualifikasimu cocok dengan posisi yang mereka butuhkan.

Dan untungnya ya, adik saya tidak seperti seseorang tersebut. Katanya dia nggak terlalu concern sama gaji, untuk saat ini (nggak tahu kalo ntar kalau udah “ya udahlah apa aja asal kerja”…hahahaha) dia masih concern sama company profile nya. Oh…company profile. Kalau company profile nya keren, gajinya kan biasanya keren juga yak? πŸ™‚

Jadi, kamu…kalau jadi fresh graduate? Mau nggak digaji 8 juta? Kalau mau kenapa, kalau nggak mau kenapa? πŸ™‚

picture from here

15 comments

  1. 8 juta tu termasuk gede banget lho buat fresh graduate. Lagian fresh graduate mah kalo bulan2 awal belum bisa dibilang kerja, masih belajar kerja, hehe. Kalo jaman saya dulu standar fresh graduatenya sepertiganya itu..

  2. aku ya mendukung saja , dia gak mau digaji segitu sebab, di luar negeri gaji kan gede, suruh aja dia ke luar negri kerjanya. atau suruh aja dia wirausha, pasti gajinya gede banget, hahaha

  3. Gaji 8 jeti itu udah gede banget buat fresh graduate. Biasanya harus ada pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya kalo mau dapet gaji gede di Indonesia. Atau kalo mau kerja di negara tetangga aja, gaji dollar.

  4. Sebenarnya permintaan gaji besar saat melamar pekerjaan wajar aja ya,…tetapi harus diimbangi dengan kemampuannya juga, dong! Misal ingin gaji besar, ya, buktikan kalau mampu dan bisa memenuhi kualifikasi perusahaan yang akan jadi tempatnya bekerja.

  5. Aduh aduh… Kalau masalah gaji sama keuangan aku speachless banget deh rasanya… Soalnya dlu lulus kuliah awal malah gajiku 2jt aja..

  6. Diihh kalau aku ya mau banget. Lagian kalau fresh graduate itu kan asumsiku masih single lah ya. Kebutuhannya blom sebanyak yang udah berkeluarga. Gaji segitu ya lumayan banget. Eh tapi nggak tau ding kalau buat yang tinggal di kota besar macam Jakarta yang biaya hidupnya tinggi gitu. Buat aku yang tinggal di Solo-Jogja ya segitu bisa foya2. Hahaha

  7. Gaji itu variabelnya banyak. Pertama dari UMR, lalu proporsi pekerjaan, baru kemudian kapabilitas diri. Jadi kalau bicara gaji, harus lihat beban kerjanya lebih detail. Misal kerja di Papua, kalau saya jadi fresh graduate, tetap saja mikir-mikir dulu gaji 8 juta, nggak langsung diterima…

  8. Yaampun begini nih makanya kenapa fresh graduate ada yang nganggur udah belagu dan ga bersyukur. Orang sukses aja ga langsung sukses dri bawah, aq dulu fresh graduate ga smpai segitu aja udah bersyukur.

  9. Menurut saya memang agak gjmana gitu ya, nolak gaji 8 juta untuk seorang fresh graduate. Padahal masih banyak orang berpengalaman segambreng namun akhirnya susah mendapatkan kerjaan.

  10. Nah itulah Mbak
    Tingkat kepuasan orang memang berbeda beda
    Saya sendiri bakalan sudah alhamdulillah banget dengan gaji 8jt

  11. ini jadi viral banget yah, hehehe
    dunia kerja itu enggak cuma butuh kamu lulusan mana, portofolio juga penting loh… aku dong gemes banget sama nihh anak…

  12. Kalau saya fresh graduate yah mau banget digaji 8 juta ,kan naiknya gaji disesuaikan dgn kemampuan kita dari gaji awal.semakin tinggi jabatan gaji juga naik koq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s