Hari-Hari Pertama di Amersfoort

Mungkin Amersfoort tidak se-terkenal Amsterdam atau Rottedam ya. Beberapa orang teman yang tahu saya stay beberapa hari di Amersfoort sempat bertanya Amersfoort itu ada di sebelah mananya Amsterdam.

Amersfoort memang bukan kota besar, masuk dalam provinsi Utrecht dengan luas sekitar enam puluh tiga kilometer persegi. Cuma 15 menit naik kereta dari Utrecht, dan sekitar 50 menit dari Amsterdam.

Karena tujuan utama saya ke Amersfoort memang untuk urusan pekerjaaan, jadi tidak terlalu banyak tempat-tempat yang sempat saya kunjungi.Β  Saya tiba di Minggu sore sekitar jam lima sore. Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam dengan mobil teman saya yang berbaik hati menjemput ke Schiphol. Padahal tadinya udah ngebayangin rempongnya naik kereta dengan koper segede gaban, trus lanjut jalan kaki karena menurut google map jarak dari stasiun ke hotel cuma satu kilo an. Thanks a lot to Anoek for picking me up from airport πŸ™‚

Di malam pertama saya tidak kemana-mana karena jam tujuh-an malam waktu Amersfoort (jam 12 malam waktu Salatiga) saya udah ngantuk berat dan lelah hayati bang. Saya hanya pergi sebentar ke supermarket yang ada di belakang hotel untuk beli sikat gigi dan odol. Jadi ternyata di hotel-hotel Belanda itu nggak ada sikat giginya, gengs. Saya menginap di Mercure, hotel bintang empat yang masuk dalam grup accorhotels.

Karena tidur jam tujuh malam, saya sukses bangun jam tiga dini hari. Trus bengong nggak tau mau ngapain sebelum akhirnya tertidur lagi dan bangun jam enam pagi. Hahahah…cape cyin abis long trip dari Salatiga. Soalnya malam sebelumnya saya nggak tidur sama sekali.

Jam setengah delapan saya berangkat ke kantor yang berjarak sekitar 1,5km dari hotel, jalan kaki. Bermodal google map saya sukses tiba di lobby kantor tanpa nyasar dalam waktu hampir setengah jam. Hahaha…soalnya belum terbiasa jalan kaki sejauh itu. Mana pake sepatu formal pulak.

20180729_181943.jpg

Jam lima sore, karena teman-teman kantor sudah ada janji dan agenda masing-masing saya akhirnya langsung balik ke hotel. Saya benar-benar menikmati jalan kaki di tempat ini. Karena pejalan kaki bener-bener dikasi space untuk jalan kaki ya. Di jalan tuh selalu ada tiga ruas. Satu untuk mobil dan motor, satu untuk sepeda dan satu lagi untuk pejalan kaki. Cuacanya juga bagus banget. Jam lima sore tuh masih kaya jam sembilan pagi di Salatiga. Cerah banget tapi mataharinya nggak terlalu panas. Udaranya juga sejuk dan bersih.

Sebelum ke hotel, karena masih terang saya coba mampir ke Centrum. Dan makin cinta sama kota ini karena banyak bangunan-bangunan kuno yang masih terawat dengan baik.

IMG_20180729_185156_156.jpg

Banyak juga kafe-kafe kecil tempat nongkrong untuk sekedar ngopi atau nge-wine kali ya kalo orang sini. Hehehe… Gang-gang kecil gini tipikal Belanda banget kayanya ya. Dimana-mana kayanya sama model-modelnya. Tapi toko-tokonya jam setengah enam udah pada tutup lho. Jadi nggak bisa window shopping. Padahal lagi banyak summer sale.

IMG_20180729_185725_734.jpg

Saya suka banget sama langitnya yang bener-bener biru tanpa awan. Teman-teman kantor bilang “this is the best weather in Netherland, you are lucky to be here on summer!” Mungkin mereka benar, ya. Selain langitnya yang selalu biru, waktu summer begini jam sepuluh malam tuh masih terang banget. Jadi buat yang suka tidur malam seperti saya, rasanya seperti punya waktu banyak banget. I feel like i have more than 24 hours a day πŸ™‚

IMG_20180729_191321_279.jpg

Itu kesan pertama saya pada Amersfoort. Kota yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu ramai tapi langsung membuatmu jatuh cinta πŸ™‚

Next saya akan coba lanjutin ceritanya ya. Tentang naik kanal dan tempat-tempat menarik lain yang wajib dikunjungi kalau ke Amersfoort.

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s